Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatih dan TNA Bilingual School Salurkan Hewan Kurban untuk Gampong Banda Aceh dan Aceh Besar

Kompas.com - 30/06/2023, 14:51 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - Memperingati Hari Raya Idul Adha, Fatih Bilingual School bersama Teuku Nyak Arif Bilingual School mengadakan kegiatan kurban bertemakan "Bersatu dalam Berbagi".

Kegiatan dilaksanakan pada hari raya Idul Adha 1444 H, pada Kamis, 29 Juni 2023 di Sekolah TNA Fatih Bilingual School dan di beberapa gampong (desa), di sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar.

Beberapa gampong/desa yang menjadi lokasi antara lain; Gampong Cot Raya Kuta Baro, Gampong Lamteubee Kuta Baro, ampung SOS Children's Village, Dusun Meriam patah Kajhu, Gampong Cot Mon Raya/ Gampong Cot Geundreut, Gampong Eumpe Awee, Gampong Lamnga, Komplek PP, Gampong Krueng Kalee, Gampong Tibang, dan juga Leupung Brayeun.

Total hewan kurban dari Fatih Bilingual School dan TNA Fatih Bilingual School berjumlah 24 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang disalurkan langsung oleh para donatur yakni orangtua siswa, guru, staff, alumni, dan tokoh masyarakat.

Hewan kurban yang disembelih akan didistribusikan pada masyarakat tempat gampong penyembelihan hewan kurban dan ke berbagai gampong lainnya. Siswa OSIS turut berperan aktif dalam pendistribusian paket daging kurban ke gampong-gampong tersebut.

Kepala Sekolah SMA TNA Fatih Bilingual School, Muhammad Iqbal mengungkapkan, kegiatan ini diadakan dengan tujuan mengajarkan para siswa arti dan nilai-nilai berkurban.

"Sehingga pada kegiatan ini para siswa juga turut dilibatkan secara langsung, dengan harapan mereka tidak hanya mampu belajar secara teori, namun juga dapat berpartisipasi dalam aksi nyata," ujar Iqbal melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (30/6/2023).

"Seluruh kegiatan kurban ini dilakukan dengan prinsip kebersamaan dan persatuan. Kami mendorong siswa, guru, dan orang tua untuk bersatu dalam semangat berbagi dan menghargai nilai-nilai kemanusiaan." tuturnya.

Fatih Bilingual School bersama Teuku Nyak Arif Bilingual School mengadakan kegiatan kurban bertemakan Bersatu dalam Berbagi (29/6/2023).DOK. FATIH SCHOOL Fatih Bilingual School bersama Teuku Nyak Arif Bilingual School mengadakan kegiatan kurban bertemakan Bersatu dalam Berbagi (29/6/2023).

Kepala Sekolah SMA Fatih Bilingual School, Sudarman, menambahkan, pihak sekolah juga turut mengadakan penggalangan dana di sekolah guna mendukung kegiatan ini.

"Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli hewan qurban yang nantinya akan disembelih dan dagingnya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Baca juga: Nikmati Idul Adha dengan 3J: Jaga Hati, Jaga Iman, Jaga Gula Darah

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa peduli dan empati bagi para siswa Fatih Bilingual School dan TNA Fatih Bilingual School.

"Selain itu semoga para siswa dapat menghargai dan menyadari pentingnya berbagi dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sehingga dapat menumbuhkan nilai kemanusiaan yang baik bagi mereka," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com