Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UT dan ICE Institute Gandeng Tsinghua University dan XuetangX China Hadirkan "Global Hybrid Class Room"

Kompas.com - 20/06/2023, 16:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) bersama ICE Institute menggandeng Tsinghua University dan XuetangX dari China bekerja sama menggelar simposium internasional bertajuk "Digital Transformation Leading the Change in Higher Education".

Simposium internasional digelar secara hibrid pada Selasa 20 Juni 2023 di UT Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan.

Indonesia Cyber Education (ICE Institute) adalah platform lokapasar (market place) pembelajaran/mata kuliah digital yang dipimpin oleh UT, sedangkan XuetangX juga merupakan platform senada di China yang dipimpin Tsinghua University.

Oleh karenanya, kerja sama antar empat stake holder pembelajaran jarak jauh berbasis online ini menjadi sangat strategis dalam menghadirkan pembelajaran daring global dalam menjawab tantangan masa depan.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof. Nizam menyampaikan kerja sama ini diharapkan dapat mendorong ICE Institute dan UT go internasional dan menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

"ICE Institute sejalan dengan semangat Kampus Merdeka di mana mahasiswa dari Sabang sampai Merauke dapat mengambil kuliah di mana pun," jelas Prof. Nizam. 

Lebih jauh Prof. Nizam mengungkapkan, dengan kerja sama ini mahasiswa Indonesia dapat mengakses modul-modul kuliah dari Tsinghua University dan XuetangX dari China selain modul-modul yang sudah ada.

Perluas akses pendidikan tinggi berkualitas

Hal senada disampaikan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, kerja sama antar keempat lembaga ini diharapkan akan semakin memperluas akses mahasiswa kedua negara untuk memperoleh pendidikan tinggi berkualitas.

"Hal ini menjadi momentum yang sangat baik dan bagus untuk mendapatkan mata kuliah-mata kuliah berkualitas dari provider-provider berkualitas," tambah Prof. Ojat. 

"Di era ini kolaborasi menjadi keniscayaan bagi kita untuk saling berbagi perspektif, fasilitas, dan keunggulan. Itu kenapa kita membangun kerja sama dengan perguruan tinggi lain, termasuk dengan Tsinghua University dan XuetangX," tegas Prof. Ojat.

Baca juga: Cara Lapor Diri Online Saat Lolos PPDB Jakarta 2023, Klik Link Ini

Wang Xiaoxiao, Director of Online Education Center of Tsinghua University dalam kesempatan sama menyampaikan, Indonesia dan China memiliki tantangan sama dengan negara yang luas dan demografi yang besar untuk bersama-sama memberikan akses pendidikan tinggi berkualitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com