Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Ajak Ratusan Siswa Papua Penerima Beasiswa ADEM Jalani Kuliah

Kompas.com - 16/06/2023, 07:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 320 siswa SMA penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) angkatan VIII asal Papua untuk sementara kembali ke daerah asalnya masing-masing.

Para siswa itu merupakan penerima ADEM tahun 2020 yang memperoleh kesempatan belajar di berbagai SMA dan SMK di Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Baca juga: 5 Fakta SMKN 2 Kasihan Tempat Putri Ariani Sekolah Musik

Para siswa tersebut sementara kembali ke daerah asalnya masing-masing sambil menunggu seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri dan swasta melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK).

Kembalinya para siswa penerima beasiswa ADEM wilayah Papua ke daerah masing-masing diharapkan menjadi motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Selain itu, juga diharapkan dapat menginspirasi teman-teman dan dik-adik kelasnya di Papua dengan berbagi praktik baik selama mengikuti Program ADEM.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengapresiasi keberanian para siswa-siswi yang telah meninggalkan zona nyaman untuk belajar di luar Pulau melalui beasiswa ADEM.

"Indonesia membutuhkan adik-adik semua untuk menjadi pemimpin masa depan, jangan lewatkan kesempatan yang ada. Teruslah belajar untuk menggapai cita-cita dengan semangat Merdeka Belajar," ucap Nadiem mengutip di laman Puslapdik Kemdikbud, Kamis (15/6/2023).

Nadiem mengajak para siswa lulusan ADEM untuk menjadikan pengalaman belajar selama tiga tahun di Bali dan Jawa sebagai bekal dalam mengembangkan diri menjadi mahasiswa.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

"Saat ini para mahasiswa Indonesia punya kesempatan yang jauh lebih besar mengembangkan potensinya dengan belajar di luar kampus," jelas Nadiem.

Dia menuturkan, sejak tiga tahun lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengajak para mahasiswa untuk mengikuti program-program Kampus Merdeka.

Seperti, Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Projek Sosial, Kewirausahaan, hingga pertukaran pelajar di dalam dan luar negeri.

Hingga saat ini, lebih dari 470.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia telah mengikuti berbagai Program Kampus Merdeka dan lebih dari 1.500 di antaranya berasal dari kampus-kampus di Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Kasih Beasiswa untuk Putri Ariani ke Kampus Impiannya

"Saya dengar sendiri pengalaman para mahasiswa yang menjadi peserta Kampus Merdeka. Mereka mendapat kesempatan untuk turun langsung ke lapangan dan mempelajari hal-hal yang tidak diajarkan dalam kelas. Itu sebuah pengalaman berharga yang sangat berguna untuk membangun masa depan," tukas Nadiem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com