Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Strategi dan Tips Lolos Ujian Mandiri PTN

Kompas.com - 09/06/2023, 15:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) masih ada yang membuka jalur Mandiri 2023.

Jalur Mandiri 2023 merupakan penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri.

Biasanya jalur Mandiri dibuka terakhir setelah penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Jalur Mandiri biasanya terdiri dari beberapa skema. Ada yang menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), nilai rapor, prestasi dari para calon mahasiswa atau bahkan disaring menggunakan tes lagi atau ujian mandiri di perguruan tinggi tersebut.

Baca juga: Biaya Kuliah di Polban 2023/2024, Ini Besaran UKT dan SPI

Strategi dan tips lolos ujian Mandiri 2023

Bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian di jalur mandiri 2023, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar diterima di PTN incaranmu.

Melansir laman Schoters Indonesia, Jumat (9/6/2023) berikut strategi dan tips lolos jalur Mandiri yang bisa kamu lakukan.

Berikut beberapa tips lolos ujian mandiri yang bisa dicoba para calon mahasiswa:

1. Persiapan dari jauh hari

Semua hal jika dipersiapkan jauh-jauh hari tentu akan mendapatkan hasil yang optimal. Terlebih bagi siswa kelas 12 tentu harus makin rajin belajar agar bisa lolos ke PTN yang diinginkan.

Dengan belajar lebih giat dan menguasai materi, kamu pasti lebih siap mengikuti UTBK SNBT ataupun ujian Mandiri yang dilakukan perguruan tinggi negeri pilihanmu.

2. Ikuti ujian mandiri lebih dari satu PTN

Untuk berjaga-jaga, lebih baik kamu mendaftar jalur Mandiri di lebih dari satu PTN. Sehingga kamu punya ban cadangan apabila tidak diterima di salah satu perguruan tinggi negeri pilihanmu.

Namun karena persaingan yang tinggi dan biayanya yang tidak murah, kamu harus pintar-pintar menggunakan strategi dan memilih PTN mana yang sepertinya terjangkau untuk kondisi dan kemampuanmu saat ini.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE Impact Rankings 2023

3. Berlatih soal secara konsisten

Selain mencari informasi sebanyak mungkin, jangan lupa untuk terus berlatih soal secara konsisten. Sebisa mungkin kamu menguasai materi yang diujikan dan banyak berlatih soal. Sehingga saat benar-benar mengikuti ujian mandiri PTN, kamu akan lebih siap karena telah banyak melakukan latihan soal.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com