Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Unsyiah Jalur Mandiri 2023 Dibuka 11 Mei, Ini Syaratnya

Kompas.com - 07/06/2023, 18:42 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) jalur Mandiri 2023 akan dibuka pada 11 Mei 2023 mendatang.

Selain Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN Barat), Unsyiah juga membuka jalur mandiri 2023 lainnya yakni Seleksi Talenta Universitas Syiah Kuala Berprestasi.

Melansir laman pmb.usk.ac.id, Rabu (7/6/2023) berikut informasi mengenai Seleksi Talenta Universitas Syiah Kuala Berprestasi atau jalur mandiri Unsyiah yang bisa dimanfaatkan calon mahasiswa.

Baca juga: Dibuka Seleksi Mandiri UNS 2023, Ada Jalur buat Ketua OSIS

Jalur mandiri Unsyiah 2023

Syarat jalur prestasi Unsyiah:

1. Warga negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan atau warga negara Indonesia keturunan asing yang dikukuhkan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan.

2. Calon peserta SMMPTN Barat 2023 dan siswa lulusan tahun 2023 dari pendidikan menengah atas (SMA/MA/SMK dan sederajat) dan terdaftar sebagai peserta tes ujian jalur SMMPTN Barat 2023.

3. Calon peserta Seleksi Talenta Universitas Syiah Kuala Berprestasi diharuskan memilih program studi sesuai dengan pilihan pada jalur SMMPTN Barat. Bila tidak sesuai dengan pilihan prodi dianggap gugur administrasi sebagai peserta Seleksi Talenta Universitas Syiah Kuala Berprestasi.

4. Jika calon peserta lulus pada jalur SMMPTN Barat 2023 tidak sesuai dengan pilihan program studi dianggap gugur administrasi sebagai peserta Seleksi Talenta Universitas Syiah Kuala Berprestasi.

5. Memiliki ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah atas.

6. Memiliki kesehatan yang baik dan bebas narkoba sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

7. Bagi peserta yang memilih program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik wajib (ujian keterampilan).

8. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah surat pernyataan tunanetra

9. Untuk yang teridentifikasi buta warna dapat melihat pilihan program studi pada Peraturan Rektor Universitas Syiah Kuala tahun 2003 tentang Persyaratan Fisik Pemilihan Program Studi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Syiah Kuala.

Jalur penerimaan Seleksi Talenta Universitas Syiah Kuala Berprestasi terdiri dari beberapa kategori, sesuai dengan prestasi yang diperoleh calon mahasiswa.

a. Tahfizh dilakukan berdasarkan penilaian sertifikat hafalan 30 juz yang dikeluarkan lembaga resmi dan hasil tes kemampuan hafalan dan wawancara khusus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com