Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Srikandi BUMN Goes To Campus, Ajak Mahasiswa Unand Jadi Talenta Digital Andal

Kompas.com - 30/05/2023, 19:23 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Srikandi BUMN PT Angkasa Pura II dan Srikandi BUMN Semen Indonesia Grup menggelar kegiatan Srikandi BUMN Goes to Campus di Universitas Andalas (Unand), Jumat (26/5/2023).

Tujuannya para Srikandi BUMN tersebut tentu untuk mengajak mahasiswa dan mahasiswi dapat berkontribusi serta dalam membangun bangsa.

Director of Finance and Risk PT Angkasa Pura II Hilda Savitri, yang juga sebagai Pembina Srikandi BUMN PT Angkasa Pura II hadir untuk bertemu dengan para mahasiswa dan mahasiswi Unand.

"Srikandi Goes to Campus merupakan program di mana kami hadir di universitas dengan harapan memberikan inspirasi dan motivasi kepada teman-teman mahasiswa untuk berkontribusi membangun negara melalui BUMN," ujar Hilda dihadapan para mahasiswa dan mahasiswi Unand.

Baca juga: Cek Ketentuan Beasiswa UM Surabaya bagi 5 Besar Juara Kelas

Mahasiswa didorong jadi talenta digital

Pada kesempatan itu, Hilda juga menjelaskan tujuan lain dari kegiatan tersebut, yakni untuk mengenalkan berbagai program dan kegiatan yang ada di lingkungan BUMN kepada mahasiswa.

Tentu harapannya mahasiswa di Tanah Air nantinya dapat termotivasi untuk berkarir di BUMN.

BUMN sendiri membuka kesempatan bagi siapa saja yang mempunyai kompetensi, baik laki-laki maupun perempuan untuk bergabung di BUMN.

Adapun salah satu talenta penting yang dibutuhkan BUMN saat ini dan ke depannya adalah talenta digital.

Hilda menjelaskan, pada 2024 BUMN membutuhkan hingga 200.000 talenta digital. Dibutuhkannya talenta digital agar BUMN tidak ketinggalan arus transformasi teknologi.

"Seluruh potensi talenta digital yang dimiliki oleh BUMN ditarik secara maksimal untuk mendapatkan berbagai pelatihan digital," imbuh dia.

Baca juga: Buku Karya 12 Profesor Wanita Faterna Unand Jawab Tantangan Masa Depan

Talenta digital ini dipersiapkan untuk mendukung Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2045.

Untuk itulah pihaknya tengah mempersiapkan diri salah satunya menyiapkan talenta digital andal agar Indonesia tidak kalah dipersaingan global.

Program BUMN Muda siapkan calon pemimpin

Tak hanya itu saja, Srikandi BUMN ini juga menjelaskan mengenai program BUMN Muda. Program BUMN Muda ini membuka kesempatan kepada siapapun untuk menjadi pemimpin.

Sehingga para pemuda terus belajar dan memaksimalkan potensi diri agar berkarya di masa depan.

"Karena milenial adalah change agent untuk digital transformation. Diharapkan yang muda adalah driver dari perubahan yang konteksnya digital," terang Hilda Savitri.

Selain itu, Hilda juga menjelaskan bahwa BUMN memiliki target bahwa 25 persen dari direksi di BUMN adalah perempuan.

Sementara itu Wakil Rektor I Universitas Andalah Prof. Mansyurdin mengatakan agar program Srikandi Goes To Campus dapat membuka peluang lebih besar kepada mahasiswa.

Baca juga: 10 Makanan Sumber Protein, Penting bagi Pelajar dan Mahasiswa

Tentunya untuk bisa mengikuti program magang di BUMN guna menambah wawasan dan kesiapan guna berkarir setelah lulus kuliah nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com