Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia, Ada 4 PTS

Kompas.com - 07/05/2023, 09:56 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ingin mendaftar Jurusan Hubungan Internasional (HI) di jalur mandiri? Cobalah cari tahu mana saja perguruan tinggi yang punya Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

Jurusan hubungan internasional, merupakan cabang keilmuan yang mempelajari persoalan hubungan antarnegara, organisasi, perusahaan, atau individu yang memiliki pengaruh lintas negara, dan seperti apa implikasinya.

Prospek kerjanya sangat tinggi, mulai diplomat hingga direkrut di perusahaan internasional. Pantas saja jurusan ini banyak dicari calon mahasiswa.

Mulai seleksi nasional seperti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP serta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT hingga jalur mandiri.

Baca juga: 7 Jurusan Teknik Komputer Terbaik Indonesia Versi EduRank, Nomor 1 PTS

Mumpung jalur mandiri beberapa perguruan tinggi banyak yang sudah buka, tidak ada salahnya mencari mana saja Jurusan HI terbaik di Indonesia.

Berdasarkan situs pemeringkatan perguruan tinggi se dunia, EduRank.org, hasilnya ada 10 perguruan tinggi yang punya Jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia.

Pemeringkatan yang dilakukan EduRank berdasarkan kinerja riset masing-masing jurusan HI di perguruan tinggi di bidang hubungan internasional dan diplomasi. Ada sebanyak 343 data sitasi dari 505 tulisan ilmiah untuk menyusun daftar di atas.

EduRank melakukan pemeringkatan secara independen berbasis data metrik terhadap 14.131 perguruan tinggi di 183 negara. Penilaian berupa cek publikasi ilmiah, sitasi, topik penelitian, performa riset, juga menggunakan keunggulan akademik dan popularitas alumni dalam penilaian.

Hasil dari EduRank, ada 10 Universitas Indonesia berada di posisi teratas.

Baca juga: 20 Kampus Punya Jurusan Psikologi Terbaik Indonesia versi EduRank 2023

Di antara PTN itu, terdapat 4 perguruan tinggi swasta atau PTS yang masuk dalam jajaran 10 perguruan tinggi dengan jurusan HI terbaik.

Siapa saja itu? Cek 10 Jurusan Hubungan Internasional terbaik Indonesia versi EduRank 2023 buat referensi jalur mandiri. 

10 PTN dengan Jurusan Hubungan Internasional terbaik

1. Universitas Indonesia

  • Peringkat Asia: 34 
  • Peringkat dunia: 285

2. Universitas Diponegoro

  • Peringkat Asia: 55
  • Peringkat dunia: 502

3. Universitas Padjadjaran

  • Peringkat Asia: 56
  • Peringkat dunia: 514

4. Universitas Bina Nusantara

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com