Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Main Game? Ini 5 Jurusan Kuliah Cocok untukmu

Kompas.com - 27/04/2023, 13:41 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini banyak generasi muda yang punya hobi main game. Ternyata ada jurusan kuliah lho yang sesuai dengan hobimu bermain game.

Kini punya hobi main game juga bisa menghasilkan uang. Misalnya dengan menjadi gamer profesional dan membuat kanal YouTube.

Jika kamu termasuk siswa yang punya hobi game dan ingin mengembangkan diri dalam dunia teknologi dan game, bisa memulainya dengan memilih jurusan kuliah yang tepat.

Melansir dari laman Universitas Telkom atau Telkom University, Kamis (27/4/2023) berikut jurusan kuliah yang cocok bagi yang punya hobi main game:

Baca juga: Kapan Beasiswa Kampus Milik BUMN 2023 Dibuka? Cek Syarat Daftar

Jurusan kuliah bagi siswa yang punya hobi main game

1. Teknologi Informasi

Jurusan kuliah pertama yang cocok bagi penggemar game adalah program studi Teknologi Informasi. Jurusan ini juga menjadi prodi yang paling banyak dipilih oleh para gamers.

Pada program studi ini, kamu akan mempelajari pemrograman, perancangan aplikasi, dan berbagai ilmu pengetahuan berbasis komputer lainnya.

Program studi ini juga mempunyai alumni yang bekerja sebagai game developer terbesar yang ada di Indonesia. Ketika kuliah, nantinya kalian akan diajarkan langsung pengembangan teknologi termasuk dalam pembuatan game.

2. Sistem Informasi

Jurusan kuliah yang cocok bagi penggemar game selanjutnya adalah jurusan Sistem Informasi. Pada program studi ini, kamu akan mempelajari berbagai ilmu mengenai pemrograman beserta ilmu berbasis komputer yang diintegrasikan dengan sistem bisnis.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari banyak hal mengenai sistem informasi yang termasuk diantaranya mengenai game developing, game testing, dan lain sebagainya.

3. Desain Komunikasi Visual

Jurusan yang cocok bagi penggemar game selanjutnya adlaah Desain Komunikasi Visual atau DKV. Para lulusan dari program studi ini berperan penting dalam pembuatan game. 

Pada program studi ini, para mahasiswa akan diajari berbagai hal mengenai desain baik itu untuk desain tercetak maupun desain grafis. Ilmu lulusan DKV bisa dimanfaatkan untuk membantu developer dalam merancang desain dari game itu sendiri.

Baca juga: 25 Kampus dengan Jurusan Teknik Terbaik Versi EduRank 2023, Ada 5 PTS

4. Teknik Telekomunikasi

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com