Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaaan Jurusan Kuliah Teknik Telekomunikasi dan Informatika

Kompas.com - 26/04/2023, 16:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Makin pesatnya perkembangan bidang informasi teknologi, ada banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih calon mahasiswa. 

Jurusan Teknik Telekomunikasi dan Jurusan Informatika menjadi dua dari sejumlah jurusan kuliah bidang informasi teknologi yang bisa dipilih calon mahasiswa. Lulusan jurusan bidang informasi teknologi tersebut semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Meski lulusannya sama-sama dibutuhkan dunia kerja, calon mahasiswa perlu tahu perbedaan jurusan Teknik Telekomunikasi dan Informatika agar tidak salah memilih jurusan kuliah.

Baca juga: Kapan Beasiswa Kampus Milik BUMN 2023 Dibuka? Cek Syarat Daftar

Perbedaan Teknik Telekomunikasi dan Informatika

Melansir dari laman Telkom University, Rabu (26/4/2023) berikut ini adalah perbedaan dari program studi Teknik Telekomunikasi dan Informatika:

1. Ilmu yang dipelajari

Perbedaan pertama dua jurusan ini adalah pada ilmu yang dipelajari. Program studi Teknik Telekomunikasi akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan telekomunikasi.

Konektivitas 4G atau 5G yang kalian pakai di smartphone menjadi salah satu ilmu yang dipelajari di Teknik Telekomunikasi. Para mahasiswa juga akan diajarkan cara berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan berbagai jaringan.

Seperti jaringan komputer, sinyal, radio, dan radar. Tak hanya itu saja, mahasiswa pun akan diajarkan bagaimana cara merancang dan menggunakan berbagai alat telekomunikasi yang bermanfaat.

Baca juga: Beda Jurusan Kuliah Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi

Sedangkan, pada program studi Informatika akan mempelajari perancangan dan pengembangan perangkat lunak.

Programming merupakan pokok utama dari program studi Informatika ini. Mahasiswa akan diajari untuk merancang sesuatu dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer. Selain itu, di jurusan Informatika juga akan mempelajari sistem basis data serta keamanan siber.

Baca juga: 13 Sekolah Terbaik di Sumatera Selatan, Acuan Daftar PPDB 2023

2. Kemampuan

Mahasiswa program studi Teknik Telekomunikasi akan mempunyai kemampuan yang berbeda dengan mahasiswa dari Program Studi Informatika. Karena kedua prodi ini juga mempelajari ilmu yang berbeda sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswanya.

Mahasiswa dan lulusan program studi Teknik Telekomunikasi mempunyai kemampuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji berbagai alat telekomunikasi.

Sedangkan, mahasiswa Program Studi Informatika mempunyai kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat yang biasanya berupa perangkat lunak (software).

3. Prospek kerja

Perbedaan Teknik Telekomunikasi dan Informatika berikutnya adalah dari sisi prospek kerja. Lulusan Teknik Telekomunikasi bisa menjadi engineer telekomunikasi, programmer, teknisi jaringan, data analyst dan lain sebagainya.

Lulusan Informatika biasanya akan berkarier menjadi seorang programmer, software developers, data scientists, maupun product designers.

Hal ini tentunya tidak lepas dari pengaruh mata kuliah yang dipelajari selalu berhubungan dengan programming juga sistem data.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com