Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ilmuwan Mikologi, Diperankan Christine Hakim dalam "The Last of Us"

Kompas.com - 25/01/2023, 10:06 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Sumber Earth.com

KOMPAS.com - Nama artis senior Indonesia Christine Hakim menjadi perbincangan setelah memerankan seorang pakar Mikologi dari Universitas Indonesia (UI) dalam serial serial HBO berjudul The Last of Us.

Jadi, apa itu ilmuwan Mikologi yang diperankan Christine Hakim dalam serial HBO The Last of Us?

Dirangkum dari Earth.com, Mikologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang jamur. Sampai saat ini, para ilmuwan Mikologi telah menamai lebih dari 70.000 spesies jamur.

Para ilmuwan percaya ada hingga 20 kali lebih banyak spesies jamur yang belum diketahui. Ini berarti, kemungkinan ada sekitar 1,5 juta spesies jamur di Planet Bumi. Dengan demikian, kerajaan jamur sangat besar dan baru sedikit yang diketahui darinya.

Baca juga: Pakar ITB: Indonesia Butuh Talenta Muda Bidang Sains dan Teknologi

Hal ini sesuai dengan peran yang dimainkan Christine Hakim sebagai Ratna, ilmuwan Mikologi yang mengidentifikasi mayat yang ditemukan terinfeksi jamur cordyceps dengan pengetahuan yang dimilikinya. Dalam serial tersebut, jamur cordyceps menjadi penyebab wabah zombi.

Dalam kehidupan nyata, jamur cordyceps merupakan sebuah jamur patogen yang bersifat parasit terutama pada serangga. Sifat parasit cordyceps membuat jamur ini bisa hidup pada ulat tertentu di daerah pegunungan tinggi China.

Selain cordyceps, jamur patogen lain telah menginfeksi lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Mereka juga menghancurkan sepertiga dari produksi pangan global. Meski begitu, manusia mendapat manfaat dari banyak spesies jamur, termasuk yang kita makan dan gunakan sebagai obat.

Mikologi cabang ilmu Biologi yang mempelajari jamur

Melansir dari laman Universitas Indonesia, Mikologi merupakan salah satu mata kuliah dalam jurusan Biologi.

Mikologi berbeda dari Mikrobiologi. Meski sama-sama cabang ilmu Biologi, Mikrobiologi mempelajari tentang makhluk hidup mikroskopik (ukuran kecil).

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Selain Mikologi, jurusan Biologi juga mempelajari berbagai mata kuliah lain seperti:

  • Fisiologi Tumbuhan
  • Mikrobiologi
  • Akuakultura
  • Biologi Laut
  • Neurofisiologi
  • Planktonologi
  • Entomologi
  • Ekologi Tumbuhan
  • Ekologi Hutan Tropis
  • Fisiologi
  • Biogeografi
  • Ekologi Hewan


Baca juga: Tiga Kampus Jurusan Biologi Terbaik Versi QS WUR 2023, IPB Nomor 1

Secara umum, jurusan Biologi mempunyai prospek kerja yang cukup luas. Selain menjadi seorang pakar seperti yang diperankan Christine Hakim dalam serial The Last of Us, lulusan jurusan Biologi juga punya prospek kerja lain.

Peluang karier bagi lulusan Biologi dapat menjadi seorang profesional atau ahli sebagai ilmuwan riset (peneliti), farmakolog, ahli bioteknologi, ahli biologi, dan ahli ekologi. Jika menekuni profesi ini, kamu dapat bekerja juga di laboratorium. 

Lulusan Biologi juga bisa menjadi seorang peneliti atau dalam perusahaan sebagai konsultan di bagian research and development dan instansi pemerintahan, misalnya pada konservasi lingkungan.

Baca juga: Cek Syarat Skor TOEFL-IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023

Demikian penjelasan mengenai imuwan Mikologi yang diperankan Christine Hakim dalam serial The Last of Us. Setelah tahu apa itu ilmuwan Mikologi, apakah kamu juga tertarik mempelajari jamur agar menjadi pakar Mikologi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com