Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Kimia Unair Telah Raih Akreditasi Internasional dan Asia

Kompas.com - 24/01/2023, 20:54 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang pendaftaran masuk perguruan tinggi, calon mahasiswa baru sering menemui kebingungan setelah lulus SMA. Biasanya mereka bingung mencari kampus.

Bagi yang mau masuk perguruan tinggi negeri (PTN), maka bisa ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 dulu namanya SNMPTN.

Baca juga: Pakar Unair: Ini Arti Penjara Seumur Hidup untuk Ferdy Sambo

Jika calon mahasiswa ingin berkarier di dunia Sains, maka bisa memilih program studi (Prodi) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) yang bisa menjadi pilihan.

Selama 41 tahun, program studi ini telah menunjukkan keunggulannya.

Secara internasional, FST Unair terakreditasi Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN).

Secara regional Asia, FST Unair terakreditas Asean University Network (AUN).

Koordinator Prodi Kimia Unair, Mochammad Zakki Fahmi mengatakan, saat ini prodi Kimia Unair berfokus pada aktivitas internasional.

Meski demikian, bukan berarti juga mengesampingkan aktivitas nasional.

Dia menyebut para pengajar dan sarana prasarana Prodi Kimia Unair sudah berkualitas internasional.

Baca juga: Mahasiswa Unair Ini Bagikan Pengalaman Kuliah di Korsel

"Keterserapan lulusan program studi Kimia Unair pada dunia kerja sangat tinggi, rata-rata mencapai 100 persen dalam enam bulan. Mayoritas bekerja di bidang industri dan institusi riset atau pendidikan," jelas dia mengutip laman Unair, Selasa (24/1/2023).

Selain bekerja di bidang industri dan institusi, lulusan Kimia Unair tersebar di bidang wiraswasta dan studi lanjut magister.

Beberapa alumni Kimia Unair, lanjut Zaki, telah menduduki jabatan penting di berbagai instansi, baik instansi pendidikan maupun instansi pemerintahan.

"Ada Prof Tjijik Srie Tjahjandari sebagai Sekretaris Ditjen Diktiristek, Kemendikbud-Ristek. Lalu ada juga Haryandi Talan selaku Manajer PT Propan Raya, serta beberapa lulusan menjadi pemimpin pada banyak industri dan menjadi wiraswastawan sukses di Indonesia," jelas dia.

Baca juga: Mulai Besok, Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1 Dibuka

Untuk yang di Unair sendiri ada Prof. Ni Nyoman Tripusaningsih selaku Wakil Rektor RICD Unair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com