Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asah Potensi Siswa Pascapandemi, Sekolah Semesta Gelar "Semesta Day 2023"

Kompas.com - 28/12/2022, 16:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Semesta, Semarang, Jawa Tengah kembali menggelar acara tahunan “Semesta Day 2023” yang merupakan rangkaian perayaan ulang tahun Semesta Bilingual School ke-24.

Kegiatan berpusat di tiga tempat di Kota Semarang, yaitu: Kampus I SMP SMA Semesta BBS di Gunungpati, Kampus II SD Semesta Bilingual School di Srondol, dan Kampus III PG TK SMP Semesta School di Jangli.

"Tema Ignite, Immerse dan Invigorate kami ambil sebagai simbol setelah adanya pandemi yang mendera saatnya kita memancarkan cahaya kembali (ignite), melebur ke dalam new normal (immerse) dan membentuk shape atau figur yang lebih kuat lagi (invigorate)," jelas Jumiko

Ketua Pelaksana dan Pembina OSIS Sekolah Semesta (28/12/2022). 

Melalui "Semesta Day 2023", Sekolah Semesta mengajak seluruh pelajar Indonesia dari jenjang TK hingga SMA untuk mengikuti ajang perlombaan dan kreativitas pascapandemi yang dilaksanakan daring maupun luring.

"Semesta Day 2023" menghadirkan berbagai lomba guna mengasah bakat serta potensi yang dimiliki siswa. Tahun ini "Semesta Day" menyelenggarakan berbagai lomba dan kegiatan, antara lain:

  • Gasibu (Gebyar Seni dan Budaya): Lomba ini bisa diikuti oleh siswa Indonesia yang mempunyai bakat dalam seni bidang vokal, puisi dan tari.
  • Jourasic (Journalistic and Art of Semesta Ingenious Competition): Untuk para pelajar yang mempunyai minat di bidang jurnalistik, film, vlog, poster dan komik.
  • SEC (Semesta English Competition): Lomba ini menjadi ajang melatih dan menguji kemampuan bahasa Inggris peserta.
  • Cosmic (Competition of Science and Mathematics): Lomba ini bisa diikuti siswa Indonesia yang berminat mengikuti kompetisi sains dan matematika.
  • SLC (Semesta Literacy Competition): Lomba literasi bidang puisi, cerpen dan pidato khusus bagi siswa SD dan SMP.
  • On Here (One Heart for Million Smile): Mengumpulkan barang bekas layak pakai yang akan disalurkan kepada yang membutuhkan.
  • SSC (Semesta Sport Competition): Lomba olahraga basket dan futsal untuk siswa se-Jateng & DIY.
  • Komusta (Kompetisi Murottal dan Saritilawah Semesta): Untuk para pelajar SD/SMP sederajat yang memiliki bakat di bidang Murottal, Adzan dan Nasyid.
  • CPC (Cheerful Playgroup Competition): Lomba yang diperuntukkan bagi balita usia 2-4 tahun untuk mengembangkan bakat yang mereka miliki seperti, baby dance dan lain-lain.
  • MKC (Magnificent Kindies Competition): Untuk mengasah kemampuan kognitif siswa TK, kompetisi ini hadir dengan lomba-lomba yang menarik.
  • ARCO (Art & Rubik’s Cube Competition): Wadah untuk balita mengembangkan kemampuan di bidang seni mereka, menggambar dan menyusun rubik.

Sejak awal, lomba dan kegiatan yang diadakan dalam gelaran "Semesta Day" tidak semata memfokuskan pada bidang akademik dan sains semata namun juga mengembangkan berbagai aspek dalam perkembangan diri siswa secara holistik.

Sekolah Semesta, Semarang, Jawa Tengah kembali menggelar acara tahunan Semesta Day 2023DOK. SEKOLAH SEMESTA Sekolah Semesta, Semarang, Jawa Tengah kembali menggelar acara tahunan Semesta Day 2023
"Pendidikan tentunya tidak hanya bertumpu pada salah satu kemampuan saja, tapi harus menyeluruh, mulai dari koqnitif, afektif sampai ke psikomotoriknya, ketiga aspek ini harus saling mendukung, mengingat setiap individu memiliki keistimewaan yang berbeda," jelas Jumiko.

"Tentunya menjadi kewajiban kitalah menampung berbagai aspek keistimewaan tersebut, Sekolah Semesta menjadi tempat untuk mengasah dan mempertajam semua aspek tersebut," tegas Jumiko.

Baca juga: Agar PJJ Online Tetap Optimal, Guru Perlu Mengetahui Kebutuhan dan Potensi Siswa

Jumiko juga berharap, "Semesta Day 2023" dapat menjadi wadah bagi seluruh siswa dalam mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan diri.

"Harapannya tentunnya Semesta Day 2023 bisa menjadi wahana untuk mengeksplorasi kembali kreativitas dan kemampuan kompetitif pada setiap peserta, sekaligus menjadi ajang pendidikan berorganisasi, bersosialisasi dan bergotong-royong untuk anggota civitas academika Semesta," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com