Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Profesi Bidang IT Ini Jadi Incaran Perusahaan di 2023

Kompas.com - 28/12/2022, 14:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi membawa kemudahan di segala aspek kehidupan. Hanya dengan ponsel pintar, seseorang bisa melakukan apa saja.

Karena serba digital, banyak pula jenis pekerjaan yang bermunculan. Seperti perusahaan startup yang kini sedang naik daun.

Bagi calon mahasiswa, atau para mahasiswa serta yang sedang mencari peluang pekerjaan, berikut ini beberapa profesi bidang IT yang jadi incaran perusahaan di tahun 2023.

Baca juga: 5 Profesi di Startup dengan Gaji Tinggi buat Referensi Mahasiswa

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut 3 profesi bidang IT yang paling diminati dan menjadi incaran perusahaan di 2023:

1. Keamanan Siber

Tentunya, keamanan adalah masalah terbesar bagi perusahaan di seluruh dunia, maka permintaan akan tenaga ahli di sektor tersebut akan meningkat pesat.

Adapun peningkatan keterampilan sangat diperlukan di bidang seperti:

- enkripsi data

- mitigasi risiko

- firewall bagi yang ingin bekerja di keamanan siber

2. Desain UI/UX

Lantaran Covid-19, semua kegiatan banyak dilakukan dari rumah Dungan memanfaatkan teknologi.

Tingkat pengalaman pengguna atau antarmuka pengguna pasca Covid juga menjadikan banyak orang terbiasa melakukan tugas sehari-hari secara virtual.

Dengan demikian, permintaan untuk desainer UI dan UX tumbuh secara eksponensial karena perusahaan punya tuntutan untuk merekrut pekerjaan ini.

Baca juga: Profesi Fisioterapis Olahraga Kini Banyak Dibutuhkan

3. Martech

Sedangkan mengacu pada semua platform yang memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk mereka dengan lebih baik, maka marketing technology atau martech mencakup semuanya.

Yakni mulai dari riset SEO hingga otomatisasi dan pemasaran email. Dan peluang di dalam ruang itu tentunya sangat besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com