Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UBM Gelar "Big Bang 2022" untuk Perkenalkan Bidang Desain Grafis

Kompas.com - 24/12/2022, 11:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bunda Mulia (UBM) kembali menggelar acara tahunan "Big Bang DKV" yang tahun ini mengangkat tema “Positivity Design Exhibition”.

Acara yang diadakan pada 22-27 November 2022 lalu di HubLife Mall, Jakarta Barat, turut mengundang perguruan tinggi lain untuk berkolaborasi, antara lain; Universitas Binus Semarang, Universitas Binus Malang, Universitas Kristen Petra, dan ISI Surakarta.

Mereka memperkenalkan karya seni dalam bentuk pameran karya mahasiswa dari prodi DKV mereka masing-masing.

Dalam "Big Bang DKV UBM 2022" menghadirkan rangkaian acara yang dikemas dalam mini workshop meliputi; pin making (mendesain pin), product photography (belajar teknik pengambilan gambar produk), coloring workshop (teknik mewarnai langsung pada objek gambar), serta drawing workshop (proporsi dan menggambar wajah manusia),

Selain itu dihadirkan pula thaumatrope (membuat permainman optik sederhana), visual journaling (mengekspresikan perasaan dengan visual), phone photography (teknik dasar fotografi menggunakan smartphone), linocut (praktik mencungkil dalam seni grafis), dan digital drawing (menggambar secara digital).

Kegiatan mini workshop "Big Bang DKV UBM 2022" ini diharapkan menjadi sarana peserta dan pengunjung untuk mempelajari hal yang mendasar di bidang graphic design. 

Pada puncak acara "Big Bang DKV UBM 2022", panitia menghadirkan salah satu tokoh design grafis Indonesia yaitu Ismiaji Cahyono yang merupakan Bureau Chief of Desain Grafis Indonesia.

Dalam pemaparannya, Ismiaji Cahyono menerangkan, “desain grafis tidak hanya menangani desain untuk percetakan, tapi juga moving image, display, pameran dan DKV Indonesia di akademi fokus pada analisa semiotika, bukan kajian historis, sosio, budaya, politik kegiatan atau hasil desain. Diperlukan desainer kritis.”

Baca juga: Desain Grafis: Pengertian dan Jenisnya

Shierly Everlyn, Ketua Prodi DKV UBM menerangkan tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan hasil karya anak bangsa yang kreatif dan unik, harapan diadakannya mini workshop ini untuk menunjang peserta untuk mengasah ketrampilannya.

“Memperkenalkan karya-karya anak bangsa ke publik tentunya menjadi sebuah kebanggaan untuk kami, dan dari rangkaian acara mini workshop ini harapannya dapat menjadi sebuah tempat bagi peserta yang hadir untuk sama-sama kita belajar mengasah keterampilan dasar di bidang design grafis," jelas Shierly Everlyn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com