Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Prodi di UMY Peroleh Akreditasi Unggul LAM-PTKes

Kompas.com - 09/12/2022, 10:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menunjukkan kualitas pendidikannya.

Sebab, ada 7 program studi di bawah naungan Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY memperoleh predikat ‘Unggul’ yang diberikan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Sebuah lembaga akreditasi yang memberikan penilaian dan pemeringkatan kepada bidang ilmu kesehatan di Indonesia.

Menurut Kepala Badan Penjamin Mutu (BPM) UMY, Evi Rahmawati, S.E., M.Acc., Ph.D., Ak., CA., akreditasi unggul yang diperoleh adalah bentuk penyetaraan peringkat akreditasi yang saat ini sudah diberlakukan di Indonesia.

Baca juga: Rektor UMY: Mau Pilih Jurusan Kuliah, Perhatikan Dulu 4 Isu Global Ini

Baik di Lembaga Akreditas Mandiri (LAM) maupun BAN-PT, peringkat akreditasinya sudah berubah. Jika sebelumnya adalah A, B atau C berubah menjadi unggul, baik sekali dan baik.

"Alhamdulillah UMY sudah mengajukan penyetaraan peringkat terhadap 7 program studi ini, sehingga akreditasi yang sebelumnya A sekarang sudah menjadi unggul," ujarnya dikutip dari laman UMY, Kamis (8/12/2022).

Tentunya, pemberian akreditasi ini menjadi jaminan terhadap kualitas pendidikan di prodi yang sudah terakreditasi unggul.

Selain itu, LAM-PTKes nantinya juga akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja program studi, apakah kriterianya tetap sesuai dengan akreditasi unggul.

Dikatakan, akreditasi untuk prodi di FKIK akan terus mengacu kepada LAM-PTKes.

Baca juga: UMY Buka Pendaftaran 2023/2024, Sudah Ada Ribuan Calon Mahasiswa Asing Daftar

"Karena untuk bidang ilmu kesehatan sudah ada LAM-nya, maka di FKIK tidak lagi mengacu kepada BAN-PT yang memang lebih fokus ke penilaian tingkat universitas ataupun program studi yang belum memiliki LAM," kata Evi.

Dengan diraihnya akreditasi Unggul tersebut pihaknya akan terus berupaya mempertahankan predikat unggul yang sudah didapat.

Hal ini karena ada persyaratan-persyaratan yang semakin ketat untuk mempertahankan predikat unggul. Karena itu menjadi perhatian utama dari BPM UMY.

"Karena dengan predikat unggul, akan menjadi jaminan bahwa lulusan dari UMY adalah lulusan yang sesuai dengan harapan masyarakat. Serta memiliki kompetensi yang baik untuk bekerja di stakeholders terkait seperti rumah sakit," jelas Evi.

Adapun 7 program studi FKIK yang memperoleh akreditasi unggul adalah:

1. Kedokteran Program Sarjana

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com