Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Agar Tidak Menjadi Mahasiswa Boros Saat Kuliah, Yuk Coba

Kompas.com - 04/12/2022, 15:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa seharusnya sudah bisa mengelola keuangannya secara mandiri.

Agar tidak boros dalam mengelola keuangan, ada tips berhemat yang bisa diterapkan mahasiswa. Tips ini mungkin bisa membantu mahasiswa yang merantau atau tinggal di kos-kosan dalam mengelola uang sakunya.

Jika mahasiswa bisa berhemat atau tidak boros, akan memberikan banyak manfaat. Tidak hanya saat masih menjadi mahasiswa, tapi juga di hari tua kelak.

Melansir dari laman Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Minggu (4/12/2022) membagikan tips agar tidak menjadi mahasiswa boros saat kuliah di perguruan tinggi.

Baca juga: 10 Universitas Top Dunia Peraih Nobel Terbanyak, Siapa Nomor Satu?

Tips agar tidak menjadi mahasiswa boros saat kuliah

Berikut 5 tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Rajin menyisihkan uang jajan untuk tabungan dan dana cadangan

Bukan hanya sebagai tabungan, uang jajan yang disisihkan untuk disimpan saat kuliah, bisa digunakan sebagai dana cadangan.

Tujuan menyimpan dana cadangan itu, agar bisa digunakan pada saat keadaan mendadak saat mahasiswa tidak mungkin untuk meminta dana dadakan dari orangtua.

2. Jauhi gaya hidup boros

Saat menjalani masa perkuliahan, mahasiswa harus menjauhi gaya hidup hedon atau kebiasaan yang suka sekali berfoya-foya menghabiskan uang untuk kebutuhan yang bukan primer. Seperti berbelanja sesuatu yang tidak diperlukan hingga nongkrong di kafe yang mahal.

Hal ini demi membuat biaya hidup lebih hemat saat menjadi mahasiswa. Menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak berguna atau bermanfaat sebaiknya dihindari.

Uang bulanan yang diberikan orangtua, harus digunakan sebaik mungkin. Sebab, masih banyak kebutuhan penting lainnya yang harus diutamakan.

Baca juga: Sedikit Peminat, Kenali Jurusan Kuliah Arkeologi dan Prospek Kerjanya

3. Catat semua pemasukan dan pengeluaran

Catatan keuangan saat masa kuliah sangat diperlukan. Langkah itu demi mengerem semua pengeluaran yang tidak bermanfaat bagi.

Selain itu, catatan keuangan berguna untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang sudah dikeluarkan dan juga dapat melatih untuk bisa lebih teliti lagi dalam mengatur keuangan kalian di hari tua agar tidak boros.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com