Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Baru Seragam Sekolah 2022, Kapan Pakaian Adat Digunakan?

Kompas.com - 18/10/2022, 06:12 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam aturan terbaru seragam sekolah tahun 2022 terdapat pilihan pakaian adat yang bisa digunakan siswa saat ke sekolah.

Aturan terbaru seragam sekolah ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Biasanya para siswa menggunakan seragam sekolah dengan warna merah dan putih untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Selain itu juga menggunakan warna biru putih untuk siswa jenjang menengah pertama dan abu-abu putih untuk jenjang menengah atas. Selain itu siswa juga biasa menggunakan seragam pramuka dan batik.

Adanya aturan terbaru seragam sekolah ini, para siswa di Indonesia juga punya pilihan seragam yakni mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Kemendikbud Buka 40.000 Kuota Calon Guru di PPG

Aturan terbaru seragam sekolah

Dalam Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022, peserta didik dapat mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.

Dalam pasal 3 Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 disebutkan, ada tiga jenis seragam sekolah yang digunakan siswa SD hingga SMA yakni:

1. Pakaian seragam nasional

2. Pakaian seragam pramuka

3. Pakaian adat.

Sementara itu sesuai pasal 4, pemerintah daerah (pemda) sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi peserta didik di sekolah.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Berikut ketentuan seragam sekolah terbaru dari Permendikbud Ristek yang tertuang dalam Pasal 5 Nomor 30 tahun 2022:

1. Model dan warna seragam nasional

  • Jenjang SD dan SD Luar Biasa, atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.
  • Jenjang SMP dan SMP Luar Biasa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua.
  • Sementara jenjang SMA atau SMA Luar Biasa, SMK dan SMK Luar Biasa atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.

Pada sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah, orangtua atau wali masing-masing siswa boleh memilih salah satu model pakaian seragam nasional dengan mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional.

Sekolah yang diselenggarakan masyarakat, sekolah dapat memilih model pakaian seragam nasional yang dikenakan oleh peserta didik dengan mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional.

Sementara itu sekolah yang berada di Provinsi Aceh, peserta didik yang beragama Islam mengenakan pakaian seragam nasional sesuai kekhususan Aceh. Berdasarkan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pemerintahan Aceh, dengan tetap mengacu pada ketentuan model pakaian seragam nasional.

Baca juga: STMKG, Sekolah Kedinasan Milik BMKG: Kuliah Gratis-Lulus Jadi CPNS

2. Model dan warna seragam Pramuka

Model dan warna pakaian seragam Pramuka mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com