Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Contoh Sikap Nasionalisme yang Bisa Dilakukan Siswa di Sekolah

Kompas.com - 17/10/2022, 16:25 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rasa nasionalisme wajib dimiliki seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk siswa di sekolah.

Rasa nasionalisme adalah sikap mencintai tanah air. Rasa nasionalisme penting dimiliki para generasi muda untuk memunculkan rasa persatuan di dalam negara Indonesia. 

Lantas bagaimana contoh sikap nasionalisme yang bisa diterapkan siswa di sekolah?

Melansir dari laman SMA Dwiwarna Bogor Jawa Barat, Senin (17/10/2022), membagikan beberapa contoh sikap nasionalisme yang bisa dilakukan siswa di sekolah. 

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Cocok bagi Anak SMK dan Prospek Kerjanya

Contoh sikap nasionalisme yang bisa dilakukan siswa

1. Mengikuti upacara bendera

Salah satu contoh sederhana sebagai bentuk rasa nasionalisme yang bisa dilakukan siswa adalah dengan mengikuti upacara bendera di sekolah.

Biasanya upacara bendera dilakukan tiap hari Senin atau tiap tanggal 17 atau saat memeringati hari besar kenegaraan lainnya.

Contoh upacara bendera pada hari besar kenegaraan yang harus diikuti seperti upacara kemerdekaan RI, upacara hari pramuka, upacara hari pendidikan nasional, upacara hari kebangkitan nasional, upacara hari sumpah pemuda dan sebagainya.

2. Menghormati guru

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Sudah menjadi kewajiban para siswa untuk menghormati guru saat berada di sekolah maupun saat di luar sekolah.

Guru turut berjasa dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Sehingga sebagai contoh sikap nasionalisme yang bisa dilakukan salah satunya dengan cara menghormati para guru.

Baca juga: 6 Fungsi Pendidikan Pancasila bagi Anak Usia Dini

3. Ikut menjaga fasilitas sekolah

Contoh sikap nasionalisme di sekolah yang selanjutnya adalah turut menjaga fasilitas sekolah. Fasilitas yang disediakan di sekolah bertujuan untuk menunjang proses pembelajaran supaya lebih maksimal.

Meski semua siswa bisa menggunakan fasilitas yang disediakan, bukan berarti seenaknya saja dalam menggunakannya. Siapapun yang menggunakannya harus menjaga fasilitas sekolah dengan baik supaya tidak rusak.

4. Rajin belajar

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com