Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UT Metaverse Jadi Pelopor Pemaknaan Baru Pembelajaran Digital Jarak Jauh

Kompas.com - 17/10/2022, 20:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) telah mengembangkan UT Metaverse dan diperkenalkan dalam seremoni acara puncak dies natalis UT ke-38 pada 4 September 2022.

Dengan memanfaatkan teknologi digital terkini, UT berkolaborasi dengan berbagai ahli, korporasi telekomunikasi terbesar di Indonesia dan juga universitas terkemuka di dunia merancang dan mengembangkan lingkungan belajar mengajar yang didalamnya mengandung keunggulan proses pembelajaran aktif dan imersif.

Konsep ini disebut sebagai UTVerse. Konsep gamifikasi dan teknologi 3D yang dapat diandalkan pada lingkungan koneksi internet di Indonesia telah dikembangkan sedemikian rupa yang membuat UTverse ini lebih dari sekedar Virtual Tour.

Dengan demikian, UT telah mewujudkan konsep pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi digital yang disebut sebagai Open, Distance and Digital Education (ODDE).

Melalui rilis resmi (17/10/2022), Antares Firman, Penanggungjawab Bidang Kelembagaan, Pengembangan, dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa UT menyebut, UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diberi mandat untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh (PJJ) di Indonesia.

"Seiring dengan kemajuan teknologi digital, konsep PJJ dituntut untuk mengadopsi teknologi terbaru dalam bidang digital yang menawarkan kemudahan dan kemurahannya. Salah satu isu besar dalam PJJ adalah pembelajaran aktif dan imersif," jelas Antares Firman.

Pembelajaran aktif adalah proses pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk berinteraksi secara penuh dalam proses belajar mengajar.

Sedangkan pembelajaran imersif merujuk pada tuntutan siswa untuk merasakan pengalaman belajar seolah-oleh bertatap muka langsung dengan pengajar dalam kelas. Dengan adanya jarak, kedua hal ini menjadi sulit diwujudkan.

Inilah yang kemudian mendorong UT melahirkan inovasi UTVerse untuk menjawab tantangan tersebut.

Baca juga: Menengok Negeri Gamelan di Metaverse Karya Peneliti Udinus

"Salah satu langkah untuk mewujudkan hal ini, UT telah diberikan kesempatan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk mewujudkan cikal bakal UTVerse melalui pengembangan Virtual Audit Centre berbasis metaverse," ungkap Antares Firman.

"Dengan memanfaatkan UTVerse, maka proses belajar mengajar tidak hanya terjadi secara sinkronus, tapi juga berbasis proyek, studi kasus secara riil dan yang lebih penting adalah interaksi antarpenggunanya," jelasnya.

Lebih jauh Antares Firman menyampaikan, dengan hadirnya UTVerse ini, maka mau tidak mau, suka atau tidak suka, definisi tatakelola pembelajaran jarak jauh perlu dilihat kembali.

"Dengan UTVerse, jaminan kualitas, perilaku pembelajar, pedagogik, pengalaman pengguna dan lainnya terkait proses belajar mengajar berubah secara total," tegasnya.

"Harapannya, UT tidak hanya akan terus memberikan sumbangsih terhadap inovasi proses pembelajaran jarak jauh, tetapi UT juga akan menjadi pelopor dan terdepan dalam proses inovasi PJJ, mengingat UT sebagai PTN yang sedari awal diberi mandat untuk hal ini," pungkas Antares Firman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com