Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkominfo Kenalkan Literasi Digital kepada Pelajar SMK Bengkulu

Kompas.com - 16/10/2022, 20:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Pandu Digital melaksanakan roadshow kegiatan Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan mengusung tema “Cerdas Kreatif dan Produktif Bermedia Digital” dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2022 di Center of Excellence (COE) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu.

Tujuan kegiatan ini meningkatkan pemahaman literasi digital bagi peserta didik yang merupakan salah satu target nasional Kemenkominfo menuju transformasi digital di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan secara hibrida diikuti 500 peserta berasal dari seluruh pelajar SMKN 4 Kota Bengkulu.

Penyelenggaraan roadshow provinsi Bengkulu berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 5 Oktober 2022 dilaksanakan secara bersamaan di SMKN 4 Kota Bengkulu dan SMKN 3 Seluma.

Tanggal 6 Oktober 2022 dilaksanakan secara serempak di tiga sekolah yaitu SMKN 2 Bengkulu Tengah, SMKN 1 Bengkulu Utara, dan SMKN 2 Bengkulu Utara dengan total target 2.500 peserta berasal dari pelajar SMK di wilayah Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Kegiatan diawali dengan sambutan pembukaan dari Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu, Paidi, yang menyampaikan apresiasi terhadap Kemenkominfo atas penyelenggaraan program Literasi Digital bagi pelajar tingkat SMK.

“Kami sangat berterima kasih sekali pihak Kominfo berkenan untuk berbagi pengetahuan terkait bagaimana menggunakan literasi digital. Karena jujur saja, tidak sedikit masyarakat maupun kalangan pelajar belum dewasa dalam menggunakan literasi digital," ujar Paidi.

"Memang dari hasil riset dikatakan jumlah penggunaan internet sudah banyak, tetapi pemanfaatan internet oleh peserta didik untuk pembelajaran masih belum optimal,” tambahnya.

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso dalam sambutan menjelaskan tentang program Literasi Digital sebagai salah satu program prioritas Kemenkominfo.

Baca juga: Kepala Perpusnas Siap Dukung IKAL 22 Dorong Gerakan Literasi Baca

 

“Di Program Literasi Digital ada 4 pilar yang menjadi materi pembelajaran utama yang akan diberikan kepada stakeholder," jelas Bambang Tri Santoso.

Pertama adalah digital culture, ini terkait pemahaman nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan.

Kedua digital skill atau kecakapan digital ini menjadi penting karena pembelajaran sudah bersinggungan dengan teknologi sehingga perlu dikembangkan dan digali kemampuan TIK.

Ketiga adalah digital safety, pentingnya untuk tidak mengumbar data pribadi di dunia maya agar tidak di salah guna oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

"Terakhir digital ethic juga perlu dipahami bagaimana etika berkomunikasi di media sosial, tentang UU ITE dan mengenai apa-apa yang boleh dan dilarang di dunia maya. Keempat hal ini perlu dicermati oleh adik-adik sekalian,” tegas Bambang.

Selain itu, Bambang juga mengenalkan program Pandu Digital yang diinisiasi Kemenkominfo yaitu gerakan volunter untuk menciptakan pendamping literasi digital yang hingga saat ini sudah mencapai 18.000 Pandu Digital yang tersebar di seluruh Indonesia yang berasal dari beragam latar belakang yaitu masyarakat umum, akademisi hingga pelajar SMK.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com