Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo dan Unbi Kenalkan Literasi Digital bagi Mahasiswa Baru

Kompas.com - 06/10/2022, 17:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Universitas Bali Internasional (Unbi) menyelenggarakan kuliah umum literasi digital dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Kegiatan ini diikuti 400 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru, dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan di Aula Universitas Bali Internasional, Kota Denpasar, Bali pada 19 September 2022.

Kegiatan kuliah umum literasi digital sektor Pendidikan tingkat Perguruan Tinggi melalui kegiatan PKKBM merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai literasi digital kepada mahasiswa baru agar dapat memaksimalkan pemanfaatan dari internet secara cerdas, positif, kreatif dan produktif serta berkarakter sehingga dapat meminimalisir dampak negatif internet.

Ketua Yayasan Anugrah Husada Bali Indonesia, I Nyoman Gede Astina menyambut baik pelaksanaan kuliah umum dan mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian PPKBM 2022.

“Tema PELITA pada PKKBM 2022 merupakan kepanjangan dari Pembelajar, Elegan, Lincah, Inspiratif, Tangguh, dan Hadir, yang merupakan sebuah harapan agar mahasiswa dan mahasiswi UNBI menjadi pembelajar yang beretika," ujarnya.

Kegiatan PKKMB di Unbi tahun 2022 diisi dengan tiga seminar yang salah satunya adalah materi literasi digital “Lincah: Kecepatan Mendapat dan Memilah Informasi” oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto.

“Di era global ini, kita sebagai masyarakat informasi jangan sampai terkena informasi yang salah, saring sebelum sharing, jangan terprovokasi, dan jangan terbawa oleh fenomena post-truth,” pesan Bonifasius.

Baca juga: Pakar UGM Sebut UU PDP Wajib Dibarengi Peningkatan Literasi Digital

Selanjutnya Bonifasius menyampaikan, selain melakukan literasi digital kepada masyarakat, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur digital agar terjadi pemerataan akses digital, diantaranya dengan meluncurkan Satelit Republik Indonesia (Satria) tahun 2023.

“Pemerintah akan meluncurkan satelit Satria di tahun 2023 sehingga diharapkan saudara-saudara di luar pulau Jawa khususnya di bagian pelosok timur dapat memanfaatkan internetnya dengan satelit satria,” jelasnya.

Materi kedua tentang kisah inspiratif yang dibawakan  I Dewa Raka Sandi, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) secara online dengan tema "Menerapkan Keadilan dalam Mengambil Keputusan".

Raka Sandi menyampaikan sosialisasi penyelenggaraan pemilu dan kode etik penyelenggaraan pemilu DKPP bersama KPU dan Bawaslu merupakan satu kesatuan dalam penyelenggaraan pemilu.

Sesi seminar diakhiri oleh Nyoman Trisna Aryanata, Dosen Program Studi Psikologi, Universitas Bali Internasional yang membawakan materi berjudul "Belajar Tidak Hanya Dalam Kelas". Trisna menyampaikan kepada mahasiswa baru bahwa banyak peluang bisa dapatkan di luar kampus, dengan mengasah soft skill dari kegiatan-kegiatan yang ada di kampus.

Selanjutnya, Kemenkominfo akan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Unbi untuk melanjutkan sosialisasi literasi digital bagi Desa Adat di Bali dalam program Kedaireka Kemendikbud pada bulan Oktober dengan total target 1.500 masyarakat yang terliterasi digital.

Program ini dilaksanakan dengan memberikan literasi mengenai teknologi digital melalui sektor pendidikan. Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui website info.literasidigital.id atau media sosial Instagram @literasidigitalkominfo dan @siberkreasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com