Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarak Hari Bermuhammadiyah III UMJ, dari Liga HW hingga Peresmian Masjid

Kompas.com - 16/10/2022, 18:32 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melaksanakan Hari Bermuhammadiyah III pada Sabtu, 15 Oktober 2022, di Gedung Cendekia Center UMJ, Jakarta. Fakultas Hukum (FH UMJ) pada kegiatan ini menjadi penyelenggara.

Hari Bermuhammadiyah III tahun ini mengambil tema "Memperkuat dan Memperluas Jamaah Muhammadiyah Melalui Penguatan Dakwah Kultural".

Acara dihadiri sekitar ribuan orang terdiri dari sivitas akademika UMJ, mahasiswa PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka), warga Muhammadiyah Jabodetabek, dan Ortom Muhammadiyah.

Hari Bermuhammadiyah III dihadiri Wakil Ketua MPR Muhammad Hidayat Nur Wahid, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. KH. Haedar Nashir, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. KH. Abdul Mu’ti, Rektor UMJ Ma’mun Murod Al-Barbasy, serta Direktur Utama PT. Transjakarta M. Yana Aditya.

Kegiatan diawali dengan kick off Liga HW 2019 dan peresmian badminton hall serta diikuti rangkaian acara lainnya di antaranya konsultasi hukum gratis, bazar, book corner, dan kajian Kemuhammadiyahan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan peresmian Masjid baru UMJ KH. M. Yunus Anis serta penandatanganan kerjasama dengan PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Abdul Mu'ti melakukan kick off atau tendangan pertama pertandingan antara HW FC UMJ dan Surya Lampung FC Universitas Muhammadiyah Lampung dalam Liga HW 2019 di Stadion UMJ.

Rangkaian berlanjut ke acara peresmian Badminton Hall UMJ yang dibangun atas kerja sama Bank Mega Syariah (BMS). Servis pertama Sekum PP Muhammadiyah, Prof. Abdul Mu’ti menjadi simbolis peresmian badminton hall dan dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan.

Baca juga: Muhammadiyah Luncurkan Universitas Siber, Haedar: Muhammadiyah Masuki Era Baru

 

Pertandingan mempertemukan tim Rektor yakni Ma’mun Murod dan Mulkan Habibi (dosen FISIP UMJ) dengan tim Sekum sekaligus Ketua BPH UMJ yakni Prof. Abdul Mu’ti dan Bambang Irawan (Kabag Sumber Daya Insani UMJ).

Pertandingan yang berlangsung satu set dimenangkan oleh tim Rektor dengan skor akhir 21-17.

Rangkaian acara lainnya adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMJ dan PT Transportasi Jakarta yang dilakukan antara Ma’mun Murod (Rektor UMJ) dan M. Yana Aditya (Dirut PT Transportasi Jakarta) didampingi Prof. Dr. KH. Abdul Mu’ti (Ketua BPH UMJ) dan Muhammad Hadi (Wakil Rektor I UMJ).

Kerja sama dilakukan masuk dalam ruang lingkup bidang penelitian, pengajaran dan pendidikan, serta pengabdian masyarakat. Yana mengatakan salah satu keuntungan dari kerja sama ini yaitu sivitas akademika UMJ mendapatkan fasilitas bebas tarif Transjakarta apabila memiliki kartu JakLingko.

Lebih lanjut, Yana menjelaskan bahwa kerja sama juga akan berdampak pada persyarikatan Muhammadiyah.

"Kami (PT Transportasi Jakarta) berharap agar kerja sama ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Kader-kader Muhammadiyah bisa masuk ke perusahaan-perusahaan, sehingga ke depannya Muhammadiyah bisa berkontribusi dalam pengembangan ekonomi nasional yang signifikan," tutup Yana.

Pada kesempatan sama, Prof. KH. Haedar Nashir menandatangani prasasti sebagai simbol peresmian Masjid M. Yunus Anis yang terletak di Lantai 4 Gedung Cendekia Center UMJ.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com