Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uhamka Peringkat I WIR 2022 PT Muhammadiyah-Aisyiyah Indonesia-Malaysia

Kompas.com - 17/06/2022, 15:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) menempati peringkat pertama Webometric Impact Ranking di antara 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah di Indonesia dan Malaysia.

“Uhamka saat ini sedang berbenah menuju akreditasi unggul, dengan adanya penilaian webometrics ini tentu akan menjadi semangat dan motivasi untuk bisa bergerak lebih cepat, interaktif dan tangguh,” ungkap Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro melalui rilis resmi (17/6/2022).

Prof. Gunawan juga menambahkan selama ini Uhamka menjadi poros berkeadaban yang mampu mengintegrasikan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah pada setiap civitas akademinya.

"Hal ini selaras dengan visi misi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University di masa depan," tegas Rektor Uhamka.

Sebagai informasi, Webometrics Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Pemeringkatan yang telah dilakukan sejak tahun 2004 ini bertujuan mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Setidaknya lebih dari 31 ribu perguruan tinggi di dunia yang memperoleh pemeringkatan dari Webometrics. Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas.

Baca juga: Peringkat Melesat, 3 PTN Masuk Top 300 Dunia di QS WUR 2023

 

Ada tiga indikator penilaian dalam menentukan peringkat perguruan tinggi yakni impact visibility, openness atau transparency, serta excellence.

Bobot penilaian impact visibility sebesar 50 persen, openness atau transnparency memiliki bobot 10 persen, serta excellence mempunyai bobot 40 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com