Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Ingin Coba Tes Skolastik Masuk PTN 2023? Ada Tryout Gratis

Kompas.com - 12/10/2022, 14:02 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengeluarkan aturan baru terkait seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), salah satunya dalam Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) yang sekarang disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Di dalam aturan terbaru SNBT, Tes Kemampuan Akademik (TKA) dihapuskan dan Tes Potensi Skolastik (TPS) diganti dengan empat subtes skolastik di antaranya tes kognitif, penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris.

Tak sedikit siswa cemas dengan tipe soal terbaru dan waktu persiapan yang semakin sedikit untuk belajar.

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

Head of Marketing Quipper Indonesia, Dedy Purwanto mengatakan siswa kelas 12 maupun gap year memiliki tantangan besar untuk menyusun strategi matang sejak dini dalam menghadapi SNBT 2023.

Sehingga, lanjut dia, pihaknya berusaha adaptif dan telah menyesuaikan cakupan materi tryout dengan subtes terbaru.

"Melalui Tryout Nasional UTBK SNBT 2023 ini, Quipper ingin membantu siswa terbiasa mengerjakan soal-soal Tes Skolastik sesuai dengan tipe soal SNBT 2023 yang tinggal hitungan bulan,” ujar Dedy dalam keterangan tertulis.

Tryout Nasional UTBK SNBT 2023 dapat diakses 24 jam selama periode tryout berlangsung serta terbuka untuk seluruh pelajar SMA/sederajat maupun gap year.

Peserta dapat mengerjakan tryout kapanpun selama dalam periode 10-16 Oktober 2022.

Dengan mengikuti tryout ini, peserta dapat mengenali materi Tes Skolastik dan merasakan simulasi ujian SNBT yang sesungguhnya.

Baca juga: SBMPTN Jadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes, Ini Aturan Barunya

Mulai dari kesulitan soal, jumlah soal, batas waktu pengerjaan, hingga penilaiannya yang berdasarkan sistem IRT.

Tersedia pula hasil tryout yang akan dikirimkan tiga hari setelah periode selesai dan fitur Cek Peluang yang berguna untuk melihat peluang lolos di PTN dan jurusan yang siswa tuju.

Quipper juga akan kembali mengadakan program tryout gratis di periode berikutnya untuk persiapan UTBK SNBT 2023.

Sementara itu, materi Persiapan UTBK 2023 telah tersedia bagi pengguna Quipper yang dilengkapi dengan Konsep Dasar, Video Pembahasan Contoh Soal Tes Skolastik, dan Referensi Materi Lanjutan yang sudah dipetakan sesuai kebutuhan persiapan UTBK (SNBT) 2023.

Bagi siswa yang ingin mengikuti Tryout Nasional UTBK SNBT 2023, langkah yang harus dilakukan cukup dengan membuat akun Quipper melalui aplikasi Android Quipper atau website resmi.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2022 Kemendikbud Dibuka, Mahasiswa S1-S3 Segera Daftar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com