Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen dan Mahasiswa Beri Pelatihan Bahasa Inggris bagi Staff RS UAD

Kompas.com - 09/10/2022, 08:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dosen dan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan pelatihan Bahasa Inggris kepada sejumlah staf Rumah Sakit (RS) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Tujuannya untuk merealisasikan program pengabdian kepada masyarakat. Adapun pelatihan dilakukan 3 dosen dan 3 mahasiswa UAD.

Mereka adalah Hana Farida, S.S., M.A., Resneri Daulay, S.S., M.A., dan Ajar Pradika Ananta Tur, S.S., M.A., yang mengajar secara bergantian.

Baca juga: Farmasi UAD: Harus Bijak Pilih Kosmetik Aman dan Halal

Serta 3 mahasiswa yaitu Shohihuzzihni, Bagas Al Fajri dan Annisa Noer yang memberikan asistensi selama pelatihan yang diadakan dalam 14 pertemuan.

Melalui edaran surat tugas yang diterbitkan pada 26 September 2022 oleh Direktur Rumah Sakit UAD, dr. Muallim Hawari, ada 16 peserta terdaftar yang mengikuti pelatihan meliputi bidang:

1. staf medis

2. staf administrasi

3. perawat

Pelatihan dengan tema "English Communication for Medical Staff" ini bertujuan memberikan edukasi terkait pelayanan di Rumah Sakit dengan Bahasa Inggris.

Harus bisa berkomunikasi dengan customer asing

Tentu jika ada pasien atau pengunjung yang berasal dari luar negeri, maka staf bisa berkomunikasi dengan baik.

"Melihat rumah sakit merupakan salah satu tempat umum yang sangat erat kaitannya dengan pelayanan, maka pelatihan semacam ini penting untuk memberikan edukasi," ujar Hana Farida dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/10/2022).

"Tentunya terkait bagaimana berkomunikasi dengan baik menggunakan Bahasa Inggris kepada customer asing," imbuhnya.

Menurutnya, pelatihan digelar di RS UAD selama 14 pertemuan setiap Kamis dan Jumat.

Adapun pelatihan ini berhasil memberikan materi-materi penting terkait service and hospitality di rumah sakit kepada semua peserta pelatihan.

Lebih dari itu, pelatihan ini juga diakui oleh Ida Rohjati, koordinator dari pihak RS UAD, telah meningkatkan skill komunikasi para staf dalam Bahasa Inggris dengan signifikan dari sebelumnya.

Baca juga: Ini Cerita Hidayat, Jadi Mahasiswa Termuda UAD 2022 Usia 15

"Kami harap pelatihan seperti ini akan rutin dilaksanakan, karena sangat bermanfaat dan meningkatkan skill komunikasi para staf di rumah sakit," harapnya.

Saat ini program pelatihan telah masuk di minggu kedua dan masih akan berlangsung hingga 18 November 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com