Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Strategi Imbangi Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Orangtua Lakukan Ini

Kompas.com - 23/09/2022, 10:00 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satunya, kemampuan Bahasa Inggris.

Dilihat dari sudut pandang orangtua, mengajarkan atau memaparkan bahasa Inggris sejak dini kepada anak menjadi pilihan supaya dapat membantu perkembangannya.

"Bahasa Inggris telah menjadi suatu alat yang sangat menentukan bagi kelanjutan pendidikan, pekerjaan serta status sosial anak nantinya. Kita sebagai orang tua pun perlu terus merangsang kemampuan diri agar dapat berkembang secara linguistik dalam mengusai bahasa Inggris", ujar Diah Pratiwi Soehendro selaku Marketing Communication Manager The British Institute (TBI).

Namun, ada kalanya ucapan lebih mudah dilontarkan dibanding penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Survei: Gen Z Pilih Menganggur ketimbang Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Meski begitu, ada sejumlah strategi yang bisa dilakukan orangtua.

Academic Team Leader TBI Bandung, Intan Hartianti membagikan strategi yang bisa diadaptasi para orang tua dalam mengimbangi kemampuan berbahasa anak remajanya berdasarkan pengalamannya mengajar selama 20 tahun.

"Keterlibatan keluarga merupakan kata kunci utama sebelum masuk ke berbagai strategi yang cocok dilakukan," ujarnya dalam Webinar “Keeping Up with Your Teens’ English Skills” yang diadakan oleh Kompas.com dan TBI, Kamis (22/09/22).

Baca juga: 6 Kata Salah Kaprah yang Sering Digunakan Dalam Bahasa ala Anak Jaksel

Intan juga membagikan 5 hal yang dapat menjadi strategi orangtua mengimbangi kemampuan Bahasa Inggris anak.

1. Jangan membuat hal-hal terlalu rumit

Strategi apapun yang orangtua pilih jangan dibuat rumit. Cobalah untuk rileks, nikmati setiap momen, biasakan semuanya. 

Sebab orangtua tidak harus terlibat dalam ujian apa-apa. Sepanjang bisa berjalan pelan mengimbangi perjalanan anak-anak, itu sudah cukup menurut Intan.

Orangtua dapat mencoba untuk membiasakan diri dengan kegiatan yang sudah dipilih karena bisa saja merupakan hal yang baru. 

Baca juga: Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? TBI: Bisa dengan Menonton Film

2. Ekspos diri ke Bahasa Inggris

Paparkan diri ke berbagai macam hal atau materi yang berbau Bahasa Inggris dari kegiatan sehari-hari sampai keluarga di akhir pekan.

Intan merekomendasikan tiga hal. Pertama, memainkan permainan Bahasa Inggris karena elemen games membuat belajar tidak seperti belajar seperti tebak kata, scrabbles, hang man, dan lain-lain. Kata kuncinya ialah menyenangkan.

Kedua, mendengarkan siaran radio atau program apapun yang berbahasa Inggris. Siaran tidak harus selalu berita, misalnya podcast lucu-lucuan atau tentang berbagai lagu. 

Ketiga, merencanakan movie night karena menurutnya remaja menganggap film itu menarik. Anggota keluarga dapat bergantian memilih ingin menonton film apa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com