Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kata Salah Kaprah yang Sering Digunakan Dalam Bahasa ala Anak Jaksel

Kompas.com - 26/08/2022, 09:11 WIB
Andia Christy,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Bahasa ala anak Jaksel sering menjadi topik perbincangan hangat masyarakat. Bahkan tidak hanya menjadi topik perbincangan, tetapi juga praktik keseharian dalam berbagai lingkup sosial.

Cara berkomunikasi yang terdengar mencampur Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris membuat praktik bahasa ini begitu unik. Sekalipun campur sari percampuran dua bahasa tersebut bisa terjadi akibat terpapar dunia internasional, salah satunya dari tontonan YouTube.

Namun ternyata, apa yang selama ini kamu dengar belum tentu benar secara gramatika.

Baca juga: Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? Ikuti Webinar TBI x Kompas.com Hari Ini

Membahas hal ini, webinar English Day berjudul “Vocab ala Anak Jaksel: Adopting English Phrases More Appropriately” yang diadakan The Bristh Institute bersama Kompas.com mengajarkan banyak frasa bahasa Inggris dengan lebih tepat pada Kamis (25/08/22).

Sebelum materi dipaparkan dalam webinar, peserta sempat diberikan rangkaian pertanyaan untuk dipilih mana jawaban yang benar.

Berangkat dari pertanyaan-pertanyaan itu, pengajar TBI Pondok Indah Mediyani memaparkan beberapa kata yang sering salah kaprah digunakan dalam penggunaan bahasa ala anak Jaksel ini.

Berikut kata bahasa Inggris yang sering salah kaprah digunakan sebagai bahasa ala anak Jaksel.

Baca juga: Jadi Komisaris EdTech Cakap, Gita Wirjawan: Kemampuan Bahasa Inggris Tingkatkan Kesejahteraan

1. Even

Menurut Mediyani, kata even sebenarnya memiliki banyak potensi masalah yang dihadapi ketika menggunakannya. Even dapat digunakan untuk konteks yang berbeda karena terdapat tiga makna.

Pertama, penekanan pada makna ‘bahkan’.

Layaknya contoh dalam Bahasa Inggris yang tepat adalah ketika menjelaskan poin seperti, ‘Everybody’s going on holiday, even grandma and grandpa are going’ yang menjelaskan bahwa semua orang pergi liburan bahkan oma dan opa yang juga ikut pergi.

Kedua, even if yang memiliki makna ‘bahkan jika’. Seperti ‘I’m going to Bandung, even if I must buy the ticket myself.’ Penggunaan kata even yang benar adalah 'Aku tetap datang even if kamu tidak datang'.

Ketiga, even though dengan makna walaupun dan meskipun. 'I will go with you, even though I don’t feel like it.'

Baca juga: 25 Istilah Bahasa Inggris yang Perlu Diketahui Generasi Z

2. Literally

Dalam satu kalimat bahasa ala Jaksel, kata ini disebutkan paling sering digunakan. Padahal, literally artinya ‘secara harfiah’, yaitu ketika sesungguhnya benar-benar terjadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com