Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIS UNJ Hadirkan Ketua Eurasia Fondation Yoji Sato di Sesi IV Dosen Tamu Internasional

Kompas.com - 22/09/2022, 12:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) menyelenggarakan The Eurasia International Course untuk pertemuan keempat pada Kamis, 22 September 2022. Kegiatan ini merupakan kerja sama FIS UNJ  dan The Eurasia Foundation (from Asia) untuk program International Guest Lecturer Series.

Sebagai informasi, International Guest Lecturer Series akan dilaksanakan FIS UNJ satu kali pertemuan setiap minggu, dari bulan September 2022 hingga Desember 2022 dengan total 17 kali pertemuan.

Pertemuan keempat ini dilaksanakan secara hibrid, baik secara daring melalui Zoom dan Live Streaming Youtube FIS UNJ Official, dan luring di Gedung Dewi Sartika, Lantai 10, Kampus A UNJ.

Kegiatan ini diikuti 42 mahasiswa yang hadir daring dan 72 mahasiswa hadir luring, dosen serta masyarakat umum, baik di UNJ maupun di luar UNJ.

Hadirkan Yoji Sato

Pada pertemuan ketiga ini, FIS UNJ menghadirkan narasumber Yoji Sato, Chairman Eurasia Foundation (from Asia) dengan topik “the Bringing of Multiculturalism in Asia”.

Yoji Sato menjelaskan, bagaimana perbedaan pandangan di dunia menyebabkan konflik konflik peperangan di berbagai belahan dunia yang banyak ditemui saat ini.

Yoji Sato juga memaparkan perjalanannya dalam menemukan jawaban-jawaban dari empat pertanyaan: Apa itu ego? Apa itu manusia? Apa itu hidup? dan Apa substansi utama?

Yang dapat menjadi proposisi untuk mengartikan kebenaran abadi yang dapat menjadi jalan untuk menuju kondisi tanpa adanya pertentangan.

Pada pertemuan keempat ini, Rakhmat Hidayat, koordinator pelaksana kegiatan menyampaikan cerita dan pesan untuk memotivasi mahasiswa agar dapat berprestasi melalui perkulihan Eurasia International Course.

Baca juga: Bukan Hanya Finansial, Dosen UPH: China Perluas Pengaruh di Indonesia Lewat Budaya

Sementara itu Prof. Sarkadi selaku Dekan FIS UNJ juga menyampaikan ucapan terima kasih secara langsung kepada Yoji Sato atas kesempatan dan kepercayaan dari Eurasia Foundation (from Asia) kepada FIS UNJ untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan international ini.

Prof. Sarkadi juga menyampaikan jika ilmu ilmu yang didapat hari ini merupakan kesempatan yang tidak datang dua kali untuk didapatkan oleh mahasiswa, sehingga diharapkan materi hari ini dan perkuliahan ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com