Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Lancar Bahasa Inggris dalam Percakapan Sehari-hari, Ikuti Webinar TBI x Kompas.com

Kompas.com - 22/09/2022, 08:32 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional di mana penguasaannya merupakan fondasi untuk berkiprah secara global.

Terlebih bagi generasi muda, kemampuan bahasa Inggris dibutuhkan untuk pembelajaran, meraih peluang beasiswa hingga interaksi di dunia kerja.

Seiring dengan kemudahan mendapatkan informasi melalui teknologi, pembekalan ilmu bahasa yang diterima anak remaja menjadi lebih kilat dibandingkan generasi terdahulu.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua untuk memahami potensi serta mengimbangi kemampuan anak berkomunikasi dalam berbahasa Inggris.

Baca juga: Gen Z Kian Pintar Bahasa Inggris, Bagaimana Cara Orangtua Mengimbangi?

Untuk membantu orangtua mengimbangi anak dalam berbahasa Inggris, Kompas.com x The British Institute (TBI) akan menggelar webinar English Day bertema “Keeping Up with Your Teens English Skills” secara gratis hari ini, 22 September 2022 pukul 14.00 WIB. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link di akhir artikel.

Segmen dibawakan oleh pengajar TBI profesional yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya dan berekspresi sesuai dengan topik yang dibahas.

Marketing Communication Manager TBI, Diah Pratiwi Soehendro mengatakan bahwa tujuan topik English Day TBI x Kompas.com kali ini agar para orangtua mendapatkan pengalaman belajar yang dapat menjadi salah satu modal untuk turut terjun dalam dunia pendidikan anak yang tengah bersaing di era industri 4.0 yang secara global menuntut kecakapan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

“Apapun yang berhubungan dengan pengembangan diri anak seperti mengenalkan bahasa Inggris sejak dini perlu didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Kami sebagai komponen pengelola proses pembelajaran perlu memahami kerangka berpikir generasi remaja saat ini agar sirkulasi pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan sampai ke success goals yang diinginkan," ujar Diah.

Baca juga: 6 Kata Salah Kaprah yang Sering Digunakan Dalam Bahasa ala Anak Jaksel

Belum lagi, jelas Diah, anak remaja memiliki kemampuan untuk menyerap bahasa baru dengan lebih mudah.

“Karenanya, pendekatan komunikatif sangat disarankan dalam pengajaran bahasa Inggris. Seberapa sering belajar mendengar, mempelajari kosakata dan mengucapkan lafal kalimat merupakan pilar penting sebagai bagian dari proses pembelajaran bahasa Inggris yang dapat dimulai dari anak – anak sejak dini melalui bimbingan tambahan orangtua," tambah Diah.

English Day TBI x Kompas.com, lanjut Diah, merupakan sebuah ruang tempat berkumpulnya anak-anak muda Indonesia sampai dengan orangtua untuk saling berinteraksi dan tetap produktif di sela-sela kesibukan.

Waktu dan jarak diharapkan tidak lagi menjadi hambatan dalam memperluas ilmu pengetahuan akan bahasa Inggris.

Bergabung di komunitas English Day akan sangat membantu dalam menemukan sesama English learners yang mempunyai tujuan yang sama sehingga bisa mengikatkan pengetahuan dan belajar bahasa Inggris tanpa merasa tidak percaya diri.

Tidak ada kata terlambat dalam mengimbangi kemampuan anak-anak dalam berbahasa Inggris.

Baca juga: 5 Program Beasiswa S1-S2 Inggris, Beri Biaya Kuliah hingga 100 Persen

Bagi Anda yang memiliki putra putri remaja, gabung bersama kami dalam segmen English Day yang menjadi bagian dari program komunitas dan pengembangan diri khususnya dalam kemampuan berbahasa Inggris.

Link Registrasi bisa langsung klik https://bit.ly/TBIKOMPASCOMEnglishDay-Sept 

Kunjungi: http://www.tbi.co.id/ untuk informasi lebih lanjut mengenai program – program bahasa Inggris. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com