Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Masuk Kampus Terbaik PKM Awards Kemendikbud 2022, Ada Kampusmu?

Kompas.com - 22/09/2022, 09:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) resmi mengumumkan pemenang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Awards 2022 melalui laman Instagramnya @ditjen.dikti, pada Rabu (21/9/2022).

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih penghargaan perguruan tinggi kategori Manajemen Pengelolaan Terbaik secara Nasional.

Dilansir dari laman Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, ITS menggunakan parameter keberhasilan PKM di tahun sebelumnya. Di antaranya dengan berfokus pada indikator pelaksanaan PKM terbaik, perguruan tinggi terbaik dalam pengelolaan, salah satu dosen juga mendapatkan penghargaan sebagai Dosen Pendamping Terbaik dengan lima proposal didanai, dan mahasiswa dengan presentasi laporan terbaik.

Baca juga: 18 Perguruan Tinggi Terbaik PKM Awards Kemendikbud 2022

Pada 2022 ini, ITS mendapat kuota 400 proposal untuk delapan bidang, 50 untuk artikel ilmiah, dan 50 untuk Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK).

Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr. Imam Abadi ST MT menilai bahwa PKM merupakan upaya untuk mendukung mahasiswa melatih dan menuangkan ide melalui tulisan, kemudian merealisasikan dengan karya inovasi.

Hal tersebut menjadi sebuah kesempatan bagi mahasiswa mengikuti kompetisi populer dan berkolaborasi dengan tim.

“Dapat meraih perguruan tinggi terbaik merupakan hal yang bergengsi karena di sini kita bersaing dengan perguruan tinggi favorit lainnya,” ungkap Imam, Rabu(21/9/2022).

Kali ini ITS juga kembali menempati peringkat ketiga proposal terbanyak yang berhasil lolos didanai dengan jumlah 59 proposal. ITS pun bisa mengisi semua kuota pada bidang yang disediakan oleh PKM. Selain itu, ITS juga patuh terhadap pelaporan kemajuan PKM.

Baca juga: Material Erupsi Gunung Semeru Jadi Bahan Bangunan oleh Tim KKN ITS

“Hal ini yang menjadikan ITS terpilih sebagai pelaksanaan PKM terbaik,” ucapnya bangga.

Imam juga menyebut bahwa Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS mengeluarkan upaya yang maksimal dalam mendukung mahasiswanya. Ditmawa melakukan pembinaan sistematis mulai dari sosialisasi PKM, workshop, dan klinik penulisan proposal.

Pengadaan workshop memberikan pencerahan mahasiswa akan pentingnya PKM untuk melatih kemampuan ilmiah dan berpikir cerdas. Selain itu, pembimbingan klinik penulisan proposal PKM juga mewadahi, menampung, dan memotivasi mahasiswa guna mengunggah proposal PKM.

Adapun alur dalam mengikuti ajang PKM tersebut dimulai dari tahap internal ITS. Sebelum berkecimpung pada PKM nasional, ITS mengadakan liga PKM skala institut untuk menggalang proposal mahasiswa.

Universitas menggalang 1.400 proposal mahasiswa ITS, lalu dilakukan proses penilaian serta bimbingan hingga ditemukan pemenang untuk proposal terbaik.

Pelaksanaan secara luring dinilai memudahkan mahasiswa dalam melakukan wawancara, merealisasikan ide, dan melakukan uji coba.

Dengan pencapaian dan keberhasilan itu, dosen Teknik Fisika ITS tersebut mengajak mahasiswa agar terus melanjutkan prestasi di kampus ITS dalam PKM.

Baca juga: Ikut Kompetisi Robot Terbang Tingkat Internasional, Tim ITS Juara I

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com