Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 10 Universitas Tertua di Dunia, Ada di Negara Mana?

Kompas.com - 07/09/2022, 07:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan mencetak lulusan yang berkualitas. Hal tersebut akan membawa generasi penerus bangsa ke arah yang lebih maju.

Dapat dikatakan bahwa perguruan tinggi menjadi peletak dasar perkembangan ilmu pengetahuan, sistem pendidikan, dan penghasil ribuan sarjana.

Selain itu, perguruan tinggi juga memiliki kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Hadirnya universitas di berbagai negara sejak ratusan tahun yang lalu merupakan langkah yang penting dalam mempersiapkan SDM, persaingan pasar, dan tenaga kerja di belahan dunia.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak universitas yang andil mencetak tenaga kerja yang terampil dengan memberikan kualitas pendidikan yang sangat baik.

Mereka menyediakan generasi penerus bangsa yang kompeten, mencetak pemimpin, dan pemikir suatu bangsa yang menentukan pembangunan negaranya.

Di antara universitas tertua yang ada di dunia ini, ada banyak universitas mengalami perkembangan, tetapi ada juga yang tidak mampu bertahan, sehingga terpaksa berhenti.

QS World University, salah satu lembaga pemeringkatan dunia memublikasikan 10 universitas tertua di dunia. 10 universitas tersebut bertahan dalam berbagai ujian selama berabad-abad lamanya.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2023 Dibuka, Kuliah Gratis-Biaya Hidup

10 universitas tertua yang memiliki peringkat internasional yang tinggi

1. Universitas Bologna, Italia (1088 M)

Universitas Bologna adalah universitas tertua di dunia yang sudah berdiri sejak 1088 Masehi. Universitas yang terletak di Bologna, Italia ini merupakan yang pertama di Eropa.

Hingga kini, Universitas tersebut sudah menerima 87.760 mahasiswa, dengan 6.400 mahasiswa internasional. Universitas tersebut juga sudah mencetak banyak tokoh sejarah, termasuk empat orang Paus dalam gereja Katolik.

Di abad ke-12 hingga ke-13, pelajar dari seluruh penjuru Eropa menimba ilmu di universitas tersebut. Ilmu sipil dan hukum merupakan dua jurusan yang terpopuler, tetapi ribuan mahasiswa sudah yang mengambil berbagai jurusan di kampus ini.

Pershing Square Foundation (PSF) Beasiswa Double Degree Oxford UniversityDok. PSF Pershing Square Foundation (PSF) Beasiswa Double Degree Oxford University

2. Universitas Oxford, Inggris (1096 M)

Universitas ini menempati peringkat kedua setelah Universitas Bologna. Kampus yang terletak di Inggris ini didirikan pada 1096 Masehi. Banyak ilmuwan dan peraih nobel yang dilahirkan oleh kampus ini.

QS World University mencatat ada 28 Perdana Menteri Inggris, 20 Uskup Agung Canterbury, 12 Santo, 27 peraih Nobel, 50 pemenang Hadiah Nobel, dan satu Sir Stephen Hawking. Oleh karena itu, Universitas Oxford tetap dihormati sejak dulu hingga saat ini.

Baca juga: 5 Program Beasiswa S1-S2 Inggris, Beri Biaya Kuliah hingga 100 Persen

Universitas Oxford benar-benar salah satu universitas dengan peringkat tertinggi dan tertua di dunia. Juga berada di peringkat kelima dunia, dengan mahasiswa yang berjumlah hampir 24.300 dan mengoperasikan pers universitas terbesar di dunia.

3. Universitas Salamanca, Spanyol (1218 M)

Universitas Salamanca didirikan pada 1134 dan diberi Piagam Kerajaan pada 1218, terletak di Spanyol, persisnya di sebelah barat Madrid. Universitas ini merupakan institusi tempat Christopher Columbus berusaha mendapatkan dukungan kerajaan untuk ekspedisinya ke Hindia di abad ke-15.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com