Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Mulai Kuliah Tatap Muka Secara Penuh

Kompas.com - 23/08/2022, 19:54 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Suasana berbeda terlihat di Kampus ITB Jalan Ganesha sejak Senin (22/8/2022) pagi.

Banyak mahasiswa berbondong mencari kelas, ada yang kebingungan dan ada yang berlarian.

Baca juga: Pendaftaran KJP Plus Tahap II 2022 Dibuka, Ini Besaran Bantuannya

Itu karena, setelah kurang lebih 2 tahun pandemi Covid-19, kini kehidupan perkuliahan ITB dilaksanakan kembali sepenuhnya kuliah tatap muka.

Perkuliahan tatap muka ini ditujukan supaya mahasiswa merasakan atmosfer akademik perkuliahan yang lebih nyata.

Terlihat berbagai aktivitas kembali hidup di segala penjuru kampus mulai dari perkuliahan di kelas sampai perkumpulan-perkumpulan organisasi mahasiswa.

ITB memastikan bahwa mahasiswa dapat kembali menghidupkan kampus dengan syarat tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satu syaratnya dengan memindai aplikasi Peduli Lindungi tiap masuk kampus dan diimbau terus memakai masker selama di kelas.

"Kami memastikan walaupun kuliah luring (tatap muka), penggunaan masker di dalam kelas harus diberlakukan. Bagi mahasiswa yang mengalami gejala Covid-19 akan disediakan kuliah hybrid lewat Zoom supaya tidak tertinggal walaupun tidak dapat hadir di kelas," kata Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto melansir laman ITB, Selasa (23/8/2022).

Dia juga menyampaikan, keputusan besar ITB untuk menggelar kuliah tatap muka ini supaya mahasiswa memiliki kemampuan soft skill yang lebih baik.

Soft skill yang dimaksud adalah kemampuan interpersonal kecakapan dalam berinteraksi yang sulit didapat saat masa daring.

Baca juga: Korupsi Rektor Unila, Kemendikbud: Orangtua Jangan Cari Jalan Pintas Masukkan Anak ke PTN

Kemampuan soft skill mahasiswa inilah yang menjadi pekejeraan rumah (PR) besar bagi ITB untuk segera diimbangi dengan hard skill yang mereka miliki.

Hari pertama perkuliahan tatap muka ini memang dinilai masih ada beberapa kendala karena seluruh civitas harus beradaptasi kembali.

Terlihat beberapa mahasiswa berjalan ke sana ke mari berusaha menemukan kelas yang mereka ikuti.

Di sudut yang lain tampak mahasiswa saling bertegur sapa dan bercengkerama yang mewarnai hari pertama kuliah luring perdana ini.

"Kuliah offline memang seru bisa ketemu banyak teman dan lebih memperhatikan materi ketika di kelas. Konsekuensinya lebih capek di tenaga aja sih karena harus mobilisasi tiap pergantian kelas," ucap mahasiswa Prodi Sistem Teknologi dan Informasi 2019 ITB, Galuh Dipa Bharata.

Perkuliahan tatap muka ini membawa banyak manfaat bagi para mahasiswa dan tenaga pengajar.

Mahasiswa bisa merasakan kembali suasana perkuliahan yang sebenarnya.

Baca juga: Cara Daftar DTKS Jakarta 2022 Tahap 3 untuk Dapat KJP Plus dan Bansos

Di sisi lain tenaga pengajar pun bisa kembali menyapa mahasiswanya dengan metode penyampaian materi yang lebih efisien melalui tatap muka langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com