Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SWA Perkenalkan Program "BEST Pathways" untuk Dukung Siswa Sesuai Minat Bakat

Kompas.com - 06/08/2022, 15:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sinarmas World Academy (SWA) memperkenalkan program "BEST Pathways" dalam sesi orientasi siswa dan orangtua baru tahun ajaran 2022/23, pada Jumat, 5 Agustus 2022, di Trini Dewi Theatre, Sinarmas World Academy.

Program ini memiliki fokus pada empat jalur akademis, yaitu Business, Engineering, Science & Technology, dan Arts.

Deddy Djaja Ria, General Manager Sinarmas World Academy menjelaskan, BEST Pathways merupakan program yang dirancang secara khusus oleh SWA untuk mendukung setiap siswa agar mendapatkan ilmu dan mengembangkan kemampuan sesuai minat dan bakat.

“Melalui BEST Pathways, SWA berkomitmen untuk memberikan dukungan sampai ke tingkat personal sehingga setiap anak mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan bidang yang mereka pilih sendiri,” ungkap dalam sesi orientasi dengan para orang tua siswa.

Program ini berrtujuan mempersiapkan lulusan sekolah yang tidak hanya berhasil dari segi akademis, tapi juga memiliki banyak pengalaman yang bisa menjadi bekal di perjalanan mereka berikutnya, yaitu perguruan tinggi dan jenjang karir.

"BEST Pathwyas dirancang dengan sangat cermat yang memperhatikan banyak aspek pembelajaran dan tumbuh kembang anak, nantinya program ini akan diintegrasikan secara bertahap sehingga memiliki pendekatan yang berbeda antar tingkat usia," jelas Deddy.

Deddy memberi contoh, bahwa di tahap usia dini, pendekatan yang dilakukan akan diintegrasikan dengan kurikulum Early Years Foundation Stage, kurikulum pembelajaran berbasis permainan.

Di tahap ini, setiap anak akan mendapat kesempatan yang sama untuk mencoba berbagai macam kegiatan yang dihadirkan di dalam kelas.

“Mulai dari pengenalan literasi dan angka, kegiatan menjelajah di alam terbuka, hingga memanfaatkan kecanggihan teknologi dan menggunakannya untuk berkarya, di tahap ini SWA mendorong setiap anak untuk terlibat dalam seluruh aktivitas sembari mencari hal yang menjadi minat dan bakatnya,“ ujarnya.

Baca juga: Kurikulum Merdeka SMA, Siswa Pilih Mata Pelajaran Sesuai Minat-Bakat

Berlanjut di tahap sekolah dasar, program akan diterapkan dengan mempelajari dan menganalisa perkembangan setiap siswa untuk kemudian menjadi basis data yang digunakan tim akademis dalam memberikan dukungan tambahan sesuai kebutuhan siswa secara personal.

Dukungan tambahan yang dimaksud berupa mata pelajaran akhir setiap harinya, atau yang disebut oleh SWA dengan istilah “9th Period”, yang materinya bisa dipilih oleh setiap siswa secara berbeda sesuai kebutuhannya atau kemahirannya.

“Untuk 9th Period, pihak sekolah akan memberikan rekomendasi pada orangtua mengenai mata pelajaran terbaik yang sesuai dengan anaknya," jelas Deddy.

Contohnya, jika ada anak yang kurang baik di bahasa Inggris, di mata pelajaran terakhir ini, sekolah akan merekomendasikannya untuk mengambil bahasa Inggris.

Sebaliknya jika ada anak yang sangat mahir di matematika, maka sekolah akan merekomendasikannya mengambil matematika tingkat atas untuk olimpiade agar ia bisa mengasah kemampuannya lebih lagi.

“Di tahap sekolah dasar juga, jiwa kompetitif anak mulai dipupuk secara rutin melalui kegiatan proyek dan kompetisi rutin baik di dalam maupun di luar sekolah,” tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com