Kompas.com - 06/08/2022, 12:28 WIB

KOMPAS.com - Ajang Olimpaide Sains Nasional 2022 atau OSN 2022 jenjang SD dan SMP secara resmi ditutup secara hibdrid di Tangerang, Banten pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

Dalam laporan penutupan acara (6/8/2022), Kasubag Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Muslih menyampaikan, peserta OSN 2022 jenjang SD dan SMP merupakan hasil seleksi dari total peserta 88.975 siswa.

Muslih juga mengungkapkan, Tes OSN telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2022, mulai pukul 09.00 WIB secara serentak di seluruh Indonesia dan peserta Indonesia yang berada di wilayah luar negeri.

"OSN tingkat nasional tahun 2022 ini menghasilkan para pemenang sebanyak 60 (enam puluh) pemenang OSN SD dan 135 (seratus tiga puluh lima) pemenang OSN SMP," ujarnya.

"Selain diberikan medali, peserta juga diberikan plakat penghargaan predikat kategori The Best Theory, The Best Overall, The Best Observation, dan The Best Exploration untuk OSN SD bidang lomba Matematika dan IPA," jelas Muslih.

"Sedangkan Best Theory dan Best Observation untuk OSN SMP bidang lomba IPA dan IPS," lanjut Muslih.

Lebih jauh ia juga menyampaikan, pihaknya akan memberikan E-Sertifikat kepada seluruh peserta dan Piagam Penghargaan bagi para pemenang yang ditandatangani oleh Mendikbud Ristek serta uang pembinaan kepada para pemenang peraih medali OSN SD dan SMP tingkat nasional tahun 2022.

OSN 2022, Kado Terindah Kemerdekaan RI

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Pusresnas) Asep Sukmayadi dalam sambutan penutupan menyampaikan, OSN 2022 tidak hanya memupuk prestasi akademik siswa saja melainkan juga menanamkan karakter luhur Pancasila.

Baca juga: Olimpiade Sains Nasional 2022 Jenjang SD dan SMP Resmi Dibuka

"Kita ingin memupuk kecerdasan dan juga menanamkan karakter Pelajar Pancasila menjadi bagian dari Manajemen Telenta Nasional," ungkap Asep Sukmayadi.

"Menjelang peringatan kemerdekaan, kita ingin OSN juga menandai pesan kemerdekaan kita tahun ini; Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Ini yang kita harapkan," tegas Asep Sukmayadi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.