Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Jurusan Kuliah, Ikut Tes Minat Bakat Gratis Kompas.com-Quipper

Kompas.com - 18/03/2021, 12:24 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kamu calon mahasiswa yang kini masih mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan dipilih, mengikuti tes minat dan bakat bisa menjadi langkah awal.

Pasalnya, memilih jurusan kuliah tak sekadar mempertimbangkan jurusan yang paling populer saat ini apalagi hanya sekadar ikut-ikutan teman.

Pertimbangan matang antara kamu dan orangtua perlu dilakukan agar bisa memilih jurusan tepat demi masa depannya yang lebih cerah.

Salah memilih jurusan berisiko membuat kamu kehilangan minat dalam belajar, berkeinginan berhenti kuliah di tengah jalan, hingga bingung menentukan arah karier setelah kelulusan.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah SBMPTN 2021 Dibuka, Ini Link dan Cara Daftar

Bisanya, salah pilih jurusan kuliah terjadi karena dua alasan. Pertama, karena tidak sesuai dengan minat dan bakat. Kedua, karena kamu dipaksa orangtua untuk memilih jurusan demi mewujudkan keinginan mereka.

Ikut tes minat bakat gratis

Mengerti bahwa memilih jurusan tak bisa sekadar ikut-ikutan, Kompas.com dan Quipper menggelar tes berbasis kemampuan dan psikologi yang dapat diikuti secara gratis.

Ada sejumlah manfaat saat kamu memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Minat akan membuat kamu lebih mudah menjalani perkuliahan karena memiliki ketertarikan pada bidang yang kamu pelajari.

Sementara bakat, akan membuat kamu lebih mungkin untuk mengukir prestasi karena kamu memiliki potensi atas bidang tersebut, yang bila diasah maka akan semakin baik.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

"Masih bingung nentuin jurusan kuliah kamu? Cari tahu dulu untuk #MelihatHarapan. Nah, dengan mengetahui minat dan bakatmu, kamu akan bisa mengetahui jurusan mana yang sesuai dengan diri kamu," tulis akun Quipper.

Berikut tata cara mengikuti tes minat bakat Kompas.com dan Quipper 2021:?

1. Kunjungi https://sbmptn.kompas.com/2021 dan buat akun.

2. Kamu bisa langsung mengerjakan tes Minat Bakat gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com