Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Indonesia Raih Medali Emas di Ajang Olimpiade Fisika Internasional

Kompas.com - 19/07/2022, 09:20 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Tim Indonesia kembali mencatatkan prestasi di ajang bergengsi Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) 2022 yang digelar pada 10—17 Juli 2022 di Zurich, Swiss.

Lima orang peserta olimpiade asal Indonesia berhasil meraih satu medali emas, tiga medali perak, dan satu medali perunggu.

Baca juga: Kemendikbud Pastikan Kurikulum Merdeka Berjalan Sesuai Rencana

Acara IPhO ke-52 ini berlangsung secara daring dan diikuti oleh 368 siswa yang merupakan perwakilan dari 75 negara.

"Kelima anak bangsa ini telah berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di ajang tahunan IPhO. Selamat untuk talenta fisika Indonesia dan seluruh tim. Terima kasih atas prestasinya yang membanggakan," ucap Plt. Kepala Puspresnas Kemendikbud Ristek Asep Sukmayadi, dilansir dari laman Kemendikbud Ristek, Selasa (19/7/2022).

Dia meyakini, raihan ini akan terus menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia dan harapan masa depan bangsa.

Kelima siswa terbaik Indonesia di bidang fisika ini berasal dari lima sekolah swasta berbeda yang tersebar di empat provinsi.

Mereka adalah Jonathan Tjandra dari SMAK Calvin dari Kemayoran, DKI Jakarta yang meraih medali emas, John Howard Wijaya dari SMA Darma Yudha Pekanbaru, Riau yang meraih medali perak, dan Berwyn dari SMAK BPK Penabur, Jakarta Barat, DKI Jakarta, yang meriah medali perak.

Kemudian, ada David Michael Indraputra dari SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Banten, yang meraih medali perak dan Althaaf Syaikha Nuhaad dari SMA Kesatuan Bangsa, Yogyakarta, yang meraih medali perunggu.

Semua peserta IPhO dari berbagai negara ini dikawal oleh 145 ketua tim (team leader) dan 67 pengamat (observer) serta 135 pengawas.

Baca juga: Cara Mengatasi Radang Amandel dari Dosen UGM

Kegiatan dibuka pada Minggu (10/7/2022), lalu tes kompetisi dimulai dengan tes eksperimen pada Senin (11/7/2022).

Dilanjutkan dengan tes teori yang berlangsung pada Rabu (13/7/2022).

Tes tersebut berlangsung masing-masing selama lima jam tanpa jeda. Tahapan koreksi dan moderasi berlangsung hingga Jumat (15/7/2022) malam waktu setempat.

Tuan rumah pelaksanaan Olimpiade Fisika Internasional 2022 berada di Swiss.

Sedangkan Komite Keilmuannya (Scientific Committee) diambil dari beberapa negara anggota IPhO di bawah koordinasi pengurus IPhO.

Mengingat waktu yang tersedia untuk mempersiapkan kegiatan sangat singkat, akhirnya diputuskan bahwa semua tes berlangsung secara daring (online).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com