Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Andaru Psikologi Untar
Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara

Kolom bincang masalah mahasiswa bersama Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.

Andaru memiliki makna yang sarat akan kebahagiaan. Kolom ini mengajak pembaca membahas masalah seputar kehidupan mahasiswa, baik terkait akademik maupun non-akademik.

Bagi pembaca yang ingin berkonsultasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Pusat Bimbingan & Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar melalui kontak: 081292926276, email layanan: konsul.psikologi@untar.ac.id

Fakultas Psikologi Untar memiliki program sarjana, magister, dan profesi.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.1, Jakarta Barat. Website: http://untar.ac.id

Inilah Tantangan Perkembangan Remaja di Desa dan Kota

Kompas.com - 16/06/2022, 20:32 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Editor Dian Ihsan

Oleh: Mikaella Audrey Setiawan P (Mahasiswa S1 Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara) | Natasya O. Alodia (Mahasiswa S1 Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara) | Denrich Suryadi M. Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara)

KOMPAS.com - Tahap perkembangan pada masa remaja merupakan salah satu fase peralihan seseorang untuk menjadi individu yang dewasa, dimana pada tahap ini akan terjadi berbagai perubahan pada diri seseorang tersebut.

Pertumbuhan remaja menurut World Health Organization (WHO) berlangsung mulai dari umur 10-19 tahun. Perubahan-perubahan terjadi dalam beberapa aspek, yaitu mulai dari kondisi fisik, proses berpikir, maupun kondisi emosionalnya.

Baca juga: Pakar UGM: Reshuffle Kabinet Jokowi demi Akomodasi Kepentingan Parpol

Dalam proses bertambah dewasa ini tentu tidak akan luput dari berbagai kemungkinan faktor yang dapat mempengaruhi bagaimana seorang nantinya akan bertumbuh.

Faktor-faktor yang menjadi penentu utama dari perkembangan remaja di antara lainnya adalah keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sekitar.

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa faktor lingkungan menjadi salah satu hal yang bisa mempengaruhi kondisi dari perkembangan seseorang.

Bagaimana dengan para remaja di Indonesia yang memiliki tempat tinggal tersebar di seluruh penjuru pulau?

Ada yang bertempat tinggal di daerah pedalaman atau pedesaan sehingga kemungkinan besar kondisi psikis atau mental seseorang masih dianggap remeh.

Fasilitas layanan psikologis juga masih sangat terbatas, tidak memadai atau bahkan belum ada sama sekali. Ada pula remaja yang tinggal di daerah perkotaan dengan akses internet dan fasilitas layanan psikologis yang sudah lebih maju.

Remaja di perkotaan juga menghadapi tantangan yang berbeda yaitu sulit mengendalikan informasi yang terlalu banyak, menyalahartikan informasi yang keliru mengenai kesehatan mental (hoaks) bahkan juga cepat dalam mendiagnosis diri sendiri namun keliru.

Dengan begitu bisa dikatakan bahwa apa yang dialami dan diketahui oleh para remaja di desa dan remaja di kota tentu berbeda.

Baca juga: Epidemiolog Unair: Ini Tolok Ukur Indonesia Bisa Jalani Endemi

Mulai dari lingkungan tempat tinggal mereka, cara mereka berkomunikasi dan bergaul dengan teman sebayanya, serta persepsi mereka tentang kesehatan mentalpun dapat memiliki perbedaan yang signifikan.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah para remaja baik di perkotaan maupun pedesaan memiliki tantangan dalam menghadapi perubahan-perubahan perkembangan masa remaja. Hal tersebut tentunya berbeda tiap remaja.

Tantangan ketidakpercayaan diri. Saat memasuki masa perkembangan remaja, penampilan seringkali menjadi salah satu tantangan dikarenakan adanya perubahan bentuk tubuh dan fisik yang terkadang membuat remaja merasa kurang percaya diri.

Latar belakang pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah masalah sekaligus menjadi tantangan pada masa perkembangan remaja, karena masa remaja adalah masa emas dimana remaja diharapkan bisa mendapat ilmu sebanyak banyaknya sebagai bekal dimasa depan nanti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com