Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Anak Terpintar di Dunia, Ada yang IQ-nya Lebih Tinggi dari Einstein

Kompas.com - 14/06/2022, 15:22 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecerdasan seseorang sering kali dikaitkan dengan IQ yang dimiliki. Tingkat IQ ini akan memengaruhi kemampuan berpikir, berakal dan menanggapi sesuatu.

Sejak dulu, nama Albert Einstein kerap dijadikan sebagai patokan manusia paling jenius di dunia, yang terkenal dengan teori relativitasnya.

Di era modern saat ini, ada juga beberapa nama anak di dunia yang dinilai memiliki otak jenius. Bahkan di usia yang relatif belia, mereka bisa menemukan inovasi penting bagi umat manusia.

Melansir dari laman Kelas Pintar, Selasa (14/6/2022), memaparkan beberapa nama anak di dunia yang dinobatkan sebagai anak terpintar di dunia. Dari daftar anak terpintar di dunia, salah satunya ada dari anak asal Jawa Barat, Indonesia lho. Yuk simak bersama informasi mengenai anak terpintar di dunia dan dan penemuan dari mereka.

Baca juga: Pakar UGM Ajak Masyarakat Waspadai Dampak Perubahan Iklim bagi Kesehatan

1. Easton LaChappelle

Di usianya yang baru 14 tahun, Easton LaChappelle berhasil mencuri perhatian NASA dengan penemuannya yang menakjubkan. Sekitar tahun 2011, anak ini berhasil menciptakan sebuah sistem tangan robot. Awalnya tangan robot yang ia ciptakan hanya dibuat dari mainan lego dan benang pancing.

Prototipe ini kemudian menjadi juara di ajang Colorado State Science Fair, di mana Easton bertemu gadis 7 tahun yang mengenakan lengan palsu seharga 80.000 dollar. Easton kemudian terinspirasi untuk membuat alternatif yang lebih murah dengan memulai usaha membuat lengan dan tangan palsu menggunakan 3D printing sehingga harganya menjadi hanya 350 dollar.

Easton terus mengembangkan penemuannya hingga sempurna dengan alat canggih. Akhirnya Easton direkrut bekerja dalam tim robotik NASA di usia 17 tahun. Easton pun menjadi pekerja termuda di NASA.

2. Jack Andraka

Jack Andraka menjadi salah atau anak paling pintar dalam sejarah. Di usianya yang masih belia, Jack Andraka berhasil menemukan sensor kanker.

Sensor kanker buatannya dipercaya lebih akurat dari penelitian kanker manapun. Dimana, tingkat kecepatan deteksinya 128 kali lebih cepat dari tes kanker biasa dengan tingkat akurasi mencapai 25-50 persen alat manapun.

Penemuan ini terinspirasi dari sebuah fenomena yang menimpa salah seroang kerabat yang meninggal karena menderita kanker pankreas.

Baca juga: Perusahaan Baja Ringan Ini Buka Lowongan Kerja bagi S1, Yuk Daftar

3. Cendikiawan Suryaatmadja

Ternyata ada putra bangsa Indonesia yang juga masuk dalam daftar anak paling pintar di dunia. 

Dia adalah Cendekiawan Suryaatmaja. Anak asal Jawa Barat ini berhasil mendapatkan predikat sebagai murid kehormatan di University of Waterloo, Kanada untuk belajar fisika, dengan sedikit kelas di matematika, kimia dan ekonomi.

Diki merupakan mahasiswa termuda dalam sejarah di University of Waterloo. Saat usianya masih 14 tahun, Diki mampu menjelaskan berbagai hal mengenai matematika dan fisika.

Misalnya, integral first order untuk matematika dan gerak rotasi untuk fisika. Kemampuannya yang berbeda tersebut terlihat sejak dirinya masih bayi.

Pada usia 6 bulan, Diki mengaku sudah bisa berbicara. Bahkan, dia mulai belajar membaca pada usia setahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com