Kompas.com - 14/06/2022, 12:39 WIB
|

KOMPAS.com - Beberapa dosen dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang tergabung dalam tim penelitian gunung berapi menyampaikan hasil penelitiannya.

Adapun penelitian terkait letusan gunung berapi di Bromo. Gunung api sendiri merupakan suatu bentuk timbulan di muka bumi.

Yakni pada umumnya berupa suatu kerucut raksasa, kerucut terpacung, kubah ataupun bukit yang diakibatkan oleh penerobosan magma ke permukaan bumi. Salah satunya gunung api yang ada di Indonesia adalah Gunung Bromo.

Baca juga: Mahasiswa KKN ITK Inovasi Hidroponik NFT Bertenaga Listrik Panel Surya

Gunung ini merupakan salah satu dari serangkaian gunung api aktif di Indonesia yang terletak di dalam kaldera Tengger, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Penelitian pada Gunung Bromo

Melansir laman resmi ITK, Kamis (9/6/2022), dalam sejarahnya, tercatat bahwa Gunung Bromo telah mengalami lebih dari 50 kali erupsi sejak 1775.

Berdasarkan catatan sejarah, letusan vulkanik Gunung api Bromo mulai tercatat sejak tahun 1804, erupsinya dapat berlangsung pendek. Namun pencacatan secara berkelanjutan oleh PVMBG dimulai dari 1980-an sampai sekarang.

Menurut penelitian Zaennudin di tahun 2012, ciri erupsi Gunung api Bromo bersifat efusif dan eksplosif dari kawah pusat dengan material yang disemburkan berupa abu, pasir, lapili, dan bom gunung api.

Dari mulai dilakukannya pemantauan aktivitas Gunung api Bromo pada 1986 hingga sebelum erupsi 2015, ada terjadi empat kali erupsi eksplosif, yaitu pada 1995, 2000, 2004 dan 2010.

Baca juga: ITK Bagikan 5 Tips Dasar Bangun Rumah

Erupsi Gunung api Bromo terkadang tidak diiringi oleh gejala awal yang jelas. Erupsinya pada umumnya berlangsung berbulan-bulan, kecuali pada saat erupsi eksplosif pada juni 2004 yang berlangsung sangat singkat hanya terjadi kurang lebih selama 20 menit.

Berdasarkan pengolahan data di dapatkan beberapa tipe letusan vulkanik di gunung api Bromo. Data yang digunakan adalah data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.