Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Sediakan Kuota 136 Mahasiswa Baru di Jalur Seleksi Prestasi

Kompas.com - 13/06/2022, 11:43 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri.

Salah satunya jalur Mandiri yang dibuka ITS yakni Seleksi Prestasi untuk program sarjana. Pada Seleksi Prestasi di ITS ini menampung sebanyak 136 mahasiswa baru.

Seleksi Prestasi merupakan pola seleksi mandiri yang diadakan ITS berdasarkan penjaringan pencapaian akademik menggunakan nilai rapor serta berbagai prestasi lainnya.

Sebagai alternatif guna menjaring calon mahasiswa yang berkualitas, maka seleksi ini didukung oleh kinerja akademik dan non-akademik yang baik.

Baca juga: Perusahaan Baja Ringan Ini Buka Lowongan Kerja bagi S1, Yuk Daftar

8.650 calon mahasiswa daftar lewat seleksi prestasi ITS

Direktur Pendidikan ITS, Siti Machmudah mengatakan, jalur prestasi yang dilaksanakan oleh ITS dibuka pada semua program studi.

"Pendaftaran jalur prestasi berlaku untuk keenam fakultas di ITS, kecuali bagi yang ingin mengikuti program International Undergraduate Program (IUP)," terang Dosen Departemen Teknik Kimia ini seperti dikutip dari laman ITS, Senin (13/6/2022).

Machmudah mengungkapkan, jumlah kuota yang diberikan pada Seleksi Prestasi ini sejumlah 136 orang.

Selain itu, ada kenaikan jumlah pendaftar apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tercatat setidaknya terdapat 8.650 siswa yang mendaftar pada Seleksi Prestasi tahun ini.

Machmudah menyampaikan, ITS telah menggiatkan promosi melalui webinar dan media sosial guna menjaring siswa untuk bergabung dalam Seleksi Prestasi.

Baca juga: Apa Keuntungan Siswa SMK Ikut Program D2 Fast Track? Ini Penjelasannya

Teknik informatika jadi jurusan paling ketat

Berbeda dengan skenario tahun sebelumnya, Seleksi Prestasi kali ini terpisah dari Seleksi Kemitraan dan Mandiri. Tahun sebelumnya tergabung dalam skema Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP).

Departemen yang memiliki persaingan paling tinggi merupakan Departemen Teknik Informatika.

Terkait jenis prestasi, Machmudah menjelaskan, prestasi tingkat internasional serta pemenang lomba yang diselenggarakan departemen di ITS sangat diprioritaskan.

Fakultas yang terlibat Seleksi Prestasi sarjana yang dilangsungkan sebagian besar hanya menerima siswa dari jurusan eksakta.

"Kecuali program studi Desain Produk Industri, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan yang juga menerima dari jurusan non-eksakta," paparnya.

Baca juga: Banyak Konsumsi Minuman Kemasan Picu Penyakit Ginjal, Ini Kata Pakar

Kriteria prestasi yang bisa digunakan

Kepala Sub Direktorat Admisi Unggul Wasiwitono menambahkan, kriteria penilaian untuk Seleksi Prestasi kali ini tetap sama seperti sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com