Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Konsumsi Minuman Kemasan Picu Penyakit Ginjal, Ini Kata Pakar

Kompas.com - 12/06/2022, 19:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini berbagai minuman kemasan bisa ditemukan dengan mudah di toko atau minimarket.

Meski praktis dan menyediakan berbagai rasa, namun terlalu banyak minum-minuman kemasan juga tidak bagus untuk kesehatan.

Konsumsi minuman manis dalam kemasan seperti minuman bersoda dan minuman manis kemasan lain dapat memberikan efek yang tidak baik pada tubuh karena memiliki kandungan gula tinggi.

Salah satu dampak yang bisa dirasakan jika terlalu banyak mengonsumsi minuman kemasan adalah terganggunya fungsi ginjal.

Baca juga: Dankos Farma Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Segera Daftar

Penyakit gagal ginjal

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah (UM Surabaya) Karima Samlan mengatakan, ginjal memiliki fungsi yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia.

Selain berfungsi untuk menyaring sisa metabolisme tubuh yang akan dibuang lewat urin, ginjal juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Sehingga apabila terdapat gangguan pada ginjal yang menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi dengan sempurna. Maka dapat terjadi gangguan fungsi ginjal atau gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal secara umum dibagi menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan kronis.

"Gagal ginjal akut (Acute Kidney Injury) terjadi secara mendadak, tetapi memiliki potensi untuk kembali menjadi normal apabila penyebabnya dapat diatasi," urai Karima seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Minggu (12/6/2022).

Baca juga: Siswa, Yuk Intip 10 Negara yang Sudah Bebas Masker

Sedangkan gagal ginjal kronis (Chronic Kidney Disease) berlangsung secara perlahan, dan dapat menimbulkan kerusakan permanen pada ginjal.

Menurutnya pola makan merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal kronis.

"Selain itu minuman tersebut juga banyak mengandung pengawet yang akan berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka panjang," terang dia.

Studi review sistematik dan meta analisis yang dilakukan oleh He et al pada tahun 2021 yang menganalisis 17 penelitian serta 149.958 partisipan menyimpulkan bahwa kebiasaan memakan makan makanan sehat dapat menurunkan risiko menderita gagal ginjal kronis.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Lulusan SMK, yang Mana Pilihanmu?

Tips menjaga kesehatan ginjal

Hal ini selaras dengan studi sebelumnya yang dilakukan oleh Bach et al pada tahun 2019 yang memiliki kesimpulan serupa.

Karima Samlan membagikan tips untuk menjaga kesehatan ginjal, yakni:

1. Menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com