Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trakindo dan Polsri Ingatkan Pentingnya Soft Skill bagi Mahasiswa

Kompas.com - 14/06/2022, 13:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com – PT Trakindo Utama (Trakindo) bekerja sama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) di Palembang, Sumatera Selatan, menggelar "Trakindo Goes to Campus: Berbagi Wawasan untuk Bantu Siapkan Mahasiswa Berkarier" (13/6/2022).

Dalam Trakindo Goes to Campus (TGTC), Trakindo berbagi pengalaman di industri alat berat kepada para mahasiswa dengan memberi gambaran mengenai perubahan-perubahan terkini di sektor industri.

Selain itu, TGTC juga membantu peserta dalam menyiapkan diri dan keterampilan yang dibutuhkan sebelum mereka menjadi bagian dari sektor industri.

TGTC ini merupakan gelaran kali pertama di tahun 2022, setelah sebelumnya pada 2021 lalu dilakukan sebanyak tiga kali di Surabaya, Makassar, dan Batam.

Di Polsri, TGTC mengusung tema “Membangun Keahlian Teknologi Tenaga Kerja Masa Depan” dan diikuti sekitar 526 mahasiswa-mahasiswi dan staf pengajar,

Mereka berasal dari berbagai jurusan Diploma III dan IV, di antaranya: Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro, Perancangan Jalan dan Jembatan, Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, serta Teknik Elektronika.

“Dunia industri saat ini sangat cepat sekali perkembangannya. Adopsi otomasi teknologi terbaru mengubah lanskap dunia kerja," ungkap Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar, HR Manager Sumatera Area Trakindo.

"Perubahan ini membawa berbagai tantangan dan kita perlu mempersiapkan diri dengan baik dengan menyiapkan berbagai keterampilan tambahan sehingga bisa menjadikan tantangan sebagai peluang,” jelas Reni Mailinar Vidyasiwi Azhar.

Ia juga menyampaikan, apa yang mahasiswa pelajari di bangku pendidikan tinggi dan apa yang dipahami di awal karier, bisa sangat berbeda dalam kurun waktu 2 tahun setelahnya.

Baca juga: Jalur Mandiri S1/Vokasi Unair Dibuka, Cek Jadwal, Syarat dan Biaya

"Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memiliki keterampilan seperti soft skills untuk mendukung pengetahuan dan keterampilan teknik yang telah kita pelajari sebelumnya,” pesannya.

Reni berharap, kegiatan ini diharapkan membuka wawasan mengenai karier dan teknologi di masa depan, serta memotivasi untuk mampu memberikan kontribusi positif untuk masa depan yang lebih baik.

Pentingnya soft skill untuk terus bertumbuh

Dalam kesempatan sama, Faisal Muhdana, Branch Head Trakindo Prabumulih yang juga alumnus Polsri, mengungkapkan pengalamannya mengenai pentingnya memiliki soft skills untuk bertahan dan terus bertumbuh.

“Sektor industri terus berkembang, mulai dari aplikasi teknologi, standar, hingga ekspektasi pelanggan, maka dari itu mahasiswa perlu menumbuhkan sifat adaptif," ujar Faisal Muhdana.
Dengan mengembangkan soft skills, lanjut Faisal, maka kemampuan hard skills akan beriringan ikut terus bertumbuh mengikuti perkembangan zaman.

Irawan Malik, Dosen Jurusan Teknik Mesin Polsri, menjelaskan perkembangan teknologi saat ini harus dilihat sebagai peluang dan harus dimaksimalkan sebaik-baiknya.

“Perkembangan yang terjadi di industri jangan dihadapi dengan penuh kekhawatiran, tetapi dihadapi dengan antusias," ujarnya.

Baca juga: Alumni Vokasi Ini Punya 4 Tips Usaha Sablon Penuh Cuan

"Setiap mahasiswa perlu terus menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan tekniknya, tidak lupa mengasah karakter yang bisa beradaptasi, tangguh, mau terus belajar, dan siap menghadapi apa yang ada di depannya, sehingga bisa menjadi jawaban kebutuhan sektor industri dan untuk menjadi penerus di bidangnya masing-masing,” terang Irawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com