Kompas.com - 14/06/2022, 11:50 WIB

KOMPAS.com - "Ibu dan Ayah, keterampilan motorik merupakan salah satu aspek penting pada tumbuh kembang anak. Perkembangan motorik anak terdiri dari motorik halus dan motorik kasar. Apa, ya, perbedaan dan kegiatan yang dapat melatih perkembangannya?" tulis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui akun Instagram resmi.

Kemendiknbud Ristek menjelaskan bahwa perkembangan motorik anak terbagi dalam dua kategori, yaitu motorik halus dan motorik kasar.

Cukup banyak kegiatan penting di sekolah yang membutuhkan keterampilan motorik halus, seperti menulis dengan jelas, menggunakan komputer, bahkan membalik halaman buku.

Dalam kehidupan sehari-hari, keterampilan motorik halus juga akan membuat anak memiliki kemandirian, seperti mengenakan pakaian berkancing, makan dengan sendok, hingga kegiatan merawat diri lainnya.

Baca juga: Rahasia Izza, Siswa yang Lolos di 10 Kampus Dalam dan Luar Negeri

Itulah mengapa, keterampilan motorik halus sangat perlu dilatih saat anak masuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau bahkan sebelum itu. Kabar baiknya, belajar melatih kemampuan motorik halus tak hanya bisa dilakukan di sekolah.

Begitu pula dengan motorik kasar. Kemampuan motorik kasar berpengaruh pada gerakan lengan dan kaki, koordinasi keduanya, hingga kemampuan anak dalam menggerakkan tubuh atau berpindah posisi.

Kemampuan motorik kasar terdiri dari merangkak, duduk dari berdiri atau rebahan dan sebaliknya, berjalan, berlari, menggelengkan kepala, melempar bola dan lain sebagainya.

Berikut sejumlah kegiatan untuk mengasah keterampilan motorik halus dan motorik kasar pada anak usia dini:

Baca juga: Kisah Guru Betty, Raih Penghargaan Internasional karena Empati Tinggi

Kegiatan yang melatih motorik halus

Keterampilan motorik halus mengacu pada gerakan kecil di tangan, pergelangan tangan, jari, kaki, jari kaki, bibir dan lidah.

Terampil motorik halus berarti anak mampu mengontrol objek-objek yang melibatkan koordinasi mata-kaki dan mata-tangan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.