Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedatangan 15 Mahasiswa NIU Amerika Tumbuhkan Karakter Internasional Siswa SMA PD

Kompas.com - 14/06/2022, 11:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama tiga minggu, sebanyak 15 mahasiswa dan 3 pengajar dari Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat belajar budaya Indonesia di SMA Pradita Dirgantara (SMA PD).

Mahasiswa NIU tersebut mengikuti Program Summer Camp 2022. Adapun kegiatan ini sempat tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19.

Bagi siswa dan siswi SMA PD, momen ini menjadi sangat berharga lantaran siswa bisa belajar dari mahasiswa asing tersebut. Tentunya menjadikan siswa SMA PD memiliki leadership skill.

Baca juga: 23 Siswa SMA Pradita Dirgantara Lulus SNMPTN 2022 di Kampus Ternama

Menurut Inong Fadjar Prasetyo selaku Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini (Yasarini), salah satu misi penting SMA PD adalah mempersiapkan siswa yang mengenal budayanya sendiri dan mendorong pemikiran global.

"Summer camp ini jadi momen yang tepat dan dibutuhan siswa dan juga guru di SMA PD," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/6/2022).

Tumbuhkan leadership skill siswa

Tak hanya itu saja, melalui summer camp ini ia berharap siswa-siswi SMA PD akan memiliki eadership skill yang nantinya berguna saat mereka berkarir di kancah global.

Kedatangan NIU juga akan membantu siswa untuk belajar adaptasi dari sisi budaya, bahasa, dan cara pandang negara lain.

Sementara Direktur Pengembangan SMA PD, Dwi A. Yuliantoro mengungkapkan bahwa summer camp ini merupakan kegiatan sangat menarik dan positif untuk mengenalkan budaya Indonesia ke dunia luar.

Baca juga: SMA Pradita Dirgantara Gelar Kompetisi Sains, Matematika dan Bahasa

Selama 3 minggu tinggal di lingkungan SMA Pradita Dirgantara, rombongan dari NIU akan berinteraksi langsung dengan seluruh civitas akademik.

"Summer camp ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi siswa di SMA PD, khususnya untuk menumbuhkan karakter international mindedness. Apalagi lulusan SMA PD cukup banyak yang diterima di kampus luar negeri," terang Dwi.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan summer camp ini seharusnya terlaksana pada 2021 lalu. Namun, karena pandemi Covid-19 yang masih cukup tinggi antara kedua negara, maka kegiatan ini urung terlaksana.

Tingkatkan kualitas pendidikan SMA PD

Andriana Vita, guru bahasa Inggris SMA PD yang juga merupakan Summer Camp Coordinator turut mengungkapkan bahwa kegiatan ini cukup menarik dan edukatif.

Sebab, siswa SMA PD akan banyak belajar berbahasa Inggris, belajar kritis, sekaligus membangun karakter yang nantinya bermanfaat bagi siswa SMA PD saat melanjutkan studi di luar negeri.

"Summer camp ini adalah event yang benar-benar kami nanti sejak 2021 lalu. Di event ini, semua civitas, termasuk siswa terlibat langsung dengan seluruh rangkaian kegiatan. Tidak hanya NIU yang belajar dari kita, namun anak didik kami juga belajar mengenal budaya yang berbeda," papar Andriana.

James Cohen, yang merupakan pengajar di NIU Amerika memaparkan bahwa ia yakin selama 3 minggu ke depan akan mampu menyerap nilai-nilai budaya Indonesia melalui SMA Pradita Dirgantara.

Baca juga: PPDB Dimulai 11 Januari, KSAU: SMA Pradita Dirgantara Siap Cetak Generasi Unggul

"Saya sangat yakin, sejak kedatangan kami 11 Juni 2022 kemarin sampai 3 minggu ke depan, kami akan melajar banyak tentang budaya Indonesia. Sambutan dan pelayanan dari sekolah ini sungguh luar biasa," turur James.

Adapun Summer Camp 2022 di SMA PD ini sejalan dengan dua tema dari Associated School Project Network (ASPnet) UNESCO, yakni pembelajaran antar budaya/intercultural learning dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan/education for sustainable development (ESD).

SMA PD sendiri telah menjadi anggota ASPnet sejak Desember 2020 lalu. Diharapkan, kegiatan ini akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan siswa dan guru di SMA Pradita Dirgantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com