Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris? Ini yang Harus Disiapkan

Kompas.com - 23/04/2022, 13:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang suka dengan Bahasa Inggris tentu punya tantangan lebih untuk bisa mempelajari lebih dalam. Salah satunya belajar mengenai Sastra Inggris.

Terlebih calon mahasiswa yang punya kemampuan di Bahasa Inggris dan tertarik untuk kuliah di jurusan ini, maka harus mempersiapkan diri dengan baik.

Mampu berbahasa Inggris sebelum kuliah di jurusan ini merupakan privilege, tetapi bukan berarti yang belum mampu berbahasa Inggris tidak disarankan kuliah di jurusan ini.

Baca juga: 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah di SBMPTN 2022

Sebab, di jurusan ini kamu juga akan belajar bahasa Inggris mulai dari level basic. Sehingga bukan tidak mungkin kamu yang tadinya masuk ke jurusan ini masih memiliki kemampuan pas-pasan dan setelah lulus kamu sudah memiliki kemampuan yang excellence.

Jika kamu benar-benar ingin kuliah di Jurusan Sastra atau Bahasa Inggris, maka pahami dulu apa yang harus dipersiapkan.

Persiapan kuliah Jurusan Bahasa Inggris

Melansir laman Quipper, Kamis (14/4/2022), ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sedini mungkin agar bisa meraih hasil maksimal.

1. Suka bahasa Inggris

Tentunya, rasa suka terhadap suatu hal bisa membuatmu lebih bersemangat dalam mencari tahu tentang hal tersebut. Hal itu berlaku juga dalam belajar bahasa Inggris.

Maka akan lebih baik jika sebelum mulai belajar, kamu telah menyukai bahasa Inggris karena dengan begitu kamu akan lebih bersemangat mempelajarinya.

Namun, bagaimana jika ingin memulai belajar bahasa Inggris karena terpaksa? Hal seperti ini banyak terjadi, tapi kamu tidak perlu khawatir. Sebab dengan kemauan yang kuat untuk belajar bahasa Inggris sekalipun karena terpaksa, lambat laun kamu juga pasti akan enjoy.

2. Punya niat kuat untuk belajar

Jika kamu punya niat kuat dan konsisten, sangat tidak mungkin untuk menguasai bahasa Inggris tanpa proses yang konsisten, sekalipun bisa hasilnya juga tidak akan maksimal atau ilmunya cepat hilang.

Baca juga: Dosen Unesa: Pilih Jurusan Kuliah, Orangtua Harus Ikut Berperan

Dengan niat yang kuat akan membantumu mengatasi kebosanan atau kejenuhan selama belajar, bahkan bisa jadi kamu menemukan metode belajar yang lebih cocok untukmu.

3. Dengan banyak membaca

Jika kamu memang gemar membaca, hal tersebut bisa membantu banget. Dengan membaca, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara mandiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com