Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tertarik Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris? Ini yang Harus Disiapkan

KOMPAS.com - Bagi yang suka dengan Bahasa Inggris tentu punya tantangan lebih untuk bisa mempelajari lebih dalam. Salah satunya belajar mengenai Sastra Inggris.

Terlebih calon mahasiswa yang punya kemampuan di Bahasa Inggris dan tertarik untuk kuliah di jurusan ini, maka harus mempersiapkan diri dengan baik.

Mampu berbahasa Inggris sebelum kuliah di jurusan ini merupakan privilege, tetapi bukan berarti yang belum mampu berbahasa Inggris tidak disarankan kuliah di jurusan ini.

Sebab, di jurusan ini kamu juga akan belajar bahasa Inggris mulai dari level basic. Sehingga bukan tidak mungkin kamu yang tadinya masuk ke jurusan ini masih memiliki kemampuan pas-pasan dan setelah lulus kamu sudah memiliki kemampuan yang excellence.

Jika kamu benar-benar ingin kuliah di Jurusan Sastra atau Bahasa Inggris, maka pahami dulu apa yang harus dipersiapkan.

Persiapan kuliah Jurusan Bahasa Inggris

Melansir laman Quipper, Kamis (14/4/2022), ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sedini mungkin agar bisa meraih hasil maksimal.

1. Suka bahasa Inggris

Tentunya, rasa suka terhadap suatu hal bisa membuatmu lebih bersemangat dalam mencari tahu tentang hal tersebut. Hal itu berlaku juga dalam belajar bahasa Inggris.

Maka akan lebih baik jika sebelum mulai belajar, kamu telah menyukai bahasa Inggris karena dengan begitu kamu akan lebih bersemangat mempelajarinya.

Namun, bagaimana jika ingin memulai belajar bahasa Inggris karena terpaksa? Hal seperti ini banyak terjadi, tapi kamu tidak perlu khawatir. Sebab dengan kemauan yang kuat untuk belajar bahasa Inggris sekalipun karena terpaksa, lambat laun kamu juga pasti akan enjoy.

2. Punya niat kuat untuk belajar

Jika kamu punya niat kuat dan konsisten, sangat tidak mungkin untuk menguasai bahasa Inggris tanpa proses yang konsisten, sekalipun bisa hasilnya juga tidak akan maksimal atau ilmunya cepat hilang.

Dengan niat yang kuat akan membantumu mengatasi kebosanan atau kejenuhan selama belajar, bahkan bisa jadi kamu menemukan metode belajar yang lebih cocok untukmu.

3. Dengan banyak membaca

Jika kamu memang gemar membaca, hal tersebut bisa membantu banget. Dengan membaca, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara mandiri.

Jadi, kegemaran membaca tersebut kamu arahkan untuk banyak membaca buku dalam bahasa Inggris. Tidak masalah jika kamu belum bisa memahami maknanya secara keseluruhan. Sebab, dengan banyak membaca kamu juga menyerap banyak kosakata baru atau contoh-contoh kalimat.

Memahami banyak kosakata dan contoh kalimat adalah modal utama bahasa Inggris. Selanjutnya, butuh usaha lagi untuk memahami arti dan mempelajari struktur kalimat yang benar.

4. Menonton film dengan dialog bahasa Inggris

Hal ini bisa melatih kemampuan mendengar. Ini juga menjadi alternatif bagi kamu yang tidak kuat membaca buku dalam waktu yang lama.

Namun, pastikan kamu menonaktifkan subtitle bahasa Indonesianya agar konsentrasi kamu melatih kemampuan listening tidak terganggu.

Selama menonton film, kamu juga jangan hanya terpaku pada tampilan visual filmnya, tetapi berfokuslah pada percakapan dan cara aktor-aktor tersebut mengucapkan kata demi kata.

Sebisa mungkin kamu juga turut mempraktikkan pengucapan tersebut, pastikan mirip dengan pengucapan sang aktor. Lalu, jangan lupa juga mencatat kosakata baru yang kamu temukan dari film tersebut.

5. Punya mental kuat

Jika kamu punya mental kuat, maka ini bisa jadi pelengkap dalam rangkaian untuk kuliah di Jurusan Bahasa Inggris.

Mental yang kuat kamu perlukan untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan menurunkan semangat dalam belajar.

6. Cari tahu prospek kerjanya

Kamu bisa mencari informasi mengenai prospek kerja yang bisa kamu jalani dengan bermodalkan kemampuan bahasa Inggris. Tentu dapat menjadi motivasi yang baik.

Dengan begitu, kamu bisa mengarahkan kebutuhan belajarmu pada hal-hal yang nantinya bisa membantu ketika menjalani karir tersebut.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/04/23/131455571/tertarik-jurusan-bahasa-dan-sastra-inggris-ini-yang-harus-disiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke