Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Ajukan 4 Warisan Budaya ke UNESCO, Tempe hingga Reog

Kompas.com - 11/04/2022, 14:31 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menominasikan empat elemen budaya Indonesia terdaftar sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) UNESCO pada tahun 2022.

Empat Warisan Budaya Takbenda tersebut ialah tenun Indonesia, reog, jamu, dan tempe.

Pengajuan empat nominasi ini telah melewati kajian dan tahapan yang panjang hingga akhirnya diajukan secara resmi pada 25 Maret 2022.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid menyampaikan bahwa Kemendikbud Ristek terus mengupayakan agar elemen budaya Indonesia tidak hanya mendapatkan status di tingkat internasional.

Baca juga: 10 Negara dengan Penduduk Paling Pintar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

"Namun, yang terpenting adalah agar masyarakat Indonesia turut memberikan perhatian dan ikut melestarikan," ucapnya, seperti dilansir laman Kemendikbud Ristek, Senin (11/4/2022).

Terkait pemberitaan bahwa ada negara lain yang turut mengajukan reog sebagai WBTb, Hilmar memberikan pengertian bahwa sampai saat ini tidak ada informasi resmi yang Kemendikbud Ristek terima bahwa ada negara lain yang turut mengajukan reog.

"Selain itu, publik perlu memahami bahwa Konvensi WBTb UNESCO bertujuan untuk melestarikan WBTb sesuai dengan kesepakatan internasional. Bukan untuk klaim kepemilikan budaya oleh negara yang mengajukan,” tekannya.

Lebih lanjut, Hilmar mengatakan, karena keterbatasan sumber daya di UNESCO sendiri, tidak ada jaminan bagi setiap negara bahwa elemen budaya yang dinominasikan akan berhasil menyandang status WBTb UNESCO.

Ia juga menjelaskan bahwa rata-rata suatu negara hanya bisa mengusulkan satu nominasi per dua tahun untuk menginskripsikan elemen budayanya sebagai WBTb UNESCO.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

“Sejak tahun 2016, Komite WBTb UNESCO mengatur batasan jumlah elemen budaya yang dapat diinskripsi sebagai WBTb UNESCO, yaitu 50 elemen budaya saja per tahun dari 193 negara anggota UNESCO,” jelas Dirjen Kebudayaan.

Sampai saat ini, terdapat 12 WBTb Indonesia yang telah berhasil mendapatkan status WBTb Dunia dari UNESCO. Ke-12 WBTb itu adalah:

  1. Wayang (2008)
  2. Keris (2008)
  3. Batik (2009)
  4. Pendidikan dan pelatihan batik (2009)
  5. Angklung (2010)
  6. Saman (2011)
  7. Noken (2012)
  8. Tiga genre tari Bali (2015)
  9. Seni Pembuatan Kapal Pinisi (2017)
  10. Tradisi Pencak Silat (2019)
  11. Pantun (2019)
  12. Gamelan (2021)

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com