Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Data Science Gratis DQLab UMN untuk Umum, Segera Daftar

Kompas.com - 11/04/2022, 14:11 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Praktisi data kini menjadi salah satu profesi yang kian dibutuhkan oleh beberapa lini bisnis di era transformasi digital.

Bahkan, profesi data analyst dan data scientist menjadi dua profesi teratas yang paling bersinar di tahun 2025 menurut survei Future of Jobs Survei 2020 oleh World Economic Forum (WEF).

Peran data analyst sangatlah penting bagi perusahaan, karena hasil dari analisis data akan didapatkan sebuah solusi serta keputusan yang tepat bagi perusahaan.

Hal ini membuat keterampilan analisis data kian dibutuhkan. Namun, tak sebatas bagi lulusan IT saja, lulusan non-IT sekalipun bisa belajar dan menggeluti profesi tersebut asal memiliki kemampuan ilmu data (data science).

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2022, Tunjangan Rp 12,8 Juta Per Bulan

Guna mendukung calon praktisi data yang ingin terjun ke industri data dan meningkatkan keterampilan menganalisis data, DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menghadirkan program pelatihan data science yaitu Free Talkshow bertema “Semua Data Punya Cerita: Berkenalan Dengan Eksploratory Data Analysis” bersama dengan speaker praktisi data professional, Ronny Fahrudin selaku Data Scientist S3 Innovate.

Cakupan pelatihan

Pada program ini, peserta akan diberikan penjelasan terkait ilmu data agar lebih mahir dan mempelajari lebih dalam proses Eksploratory Data Analysis (EDA).

Secara definitif, Exploratory Data Analysis mengacu pada investigasi awal pada data untuk menemukan pola, anomali serta menguji hipotesis. Sehingga, proses EDA sendiri sangat penting pada setiap pengerjaan proyek Data Science.

Selain belajar lebih dalam bersama dengan praktisi data professional tentang EDA, terdapat banyak keuntungan lainnya, seperti peluang memperluas relasi dengan praktisi data serta berkesempatan akses belajar gratis untuk menjadi bekal mempersiapkan diri berkarier di industri data.

Baca juga: Belajar Bahasa Korea Gratis dari Korea Foundation, Tunjangan Rp 12,6 Juta

Syarat dan cara daftar

Pelatihan data science melalui free talkshow ini terbuka untuk umum dan terutama bagi kamu yang ini mengambil kesempatan untuk persiapan bekal berkarier sebagai praktisi data yang kompeten.

Masa registrasi hanya terbuka dari 7-13 April 2022. Informasi lebih lengkapnya dan pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://bit.ly/RegisFreeTalkshow 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com