Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar #GenSiapKerja: Ini Lho Tips Menulis CV yang Baik

Kompas.com - 12/03/2022, 13:45 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mendapatkan pekerjaan yang baik tentu jadi impian setiap orang. Hanya saja, ketika melamar kerja ada banyak yang harus dipersiapkan oleh pencari kerja.

Salah satunya menyiapkan curriculum vitae (CV) dengan baik. Harapannya melalui CV itu, HRD atau rekruter akan tertarik dan kemudian memanggil pelamar untuk ikut proses seleksi.

Tetapi, lain ceritanya jika kita sudah mengirim CV dan surat lamaran kerja namun kenapa tidak ada panggilan? Apakah ini artinya kita di ghosting?

Baca juga: Begini 7 Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja dari KitaLulus

Terkait hal itu, KitaLulus bekerja sama dengan Kognisi dan Kompas.com menyelenggarakan Webinar #GenSiapKerja bertema "Dapet kerjaan tanpa di Ghosting", Sabtu (12/3/2022).

Adapun narasumbernya ialah Yanuar Kurniawan, B.Com., S.E., M.B.A., selaku VP Organization, Talent and Culture, Lazada Indonesia & Lazada Logistics.

CV untuk yakinkan rekruter

Menurut Yanuar, di setiap proses rekrutmen ada banyak surat lamaran kerja yang masuk ke perusahaan. Tentu, HRD/rekruter tak bisa menyeleksi satu per satu.

"Apalagi dengan kompetisi yang semakin ketat, rekruter tidak punya kapasitas untuk menyeleksi satu per satu surat lamaran atau CV pelamar. Maka penting bagi kita untuk memahami di bidang mana kita bisa bersaing," terangnya.

Berbicara mengenai CV, Yanuar menjelaskan bahwa CV adalah pengetuk pintu saja. Namun terpenting ialah setelah dibuka CV itu maka di dalamnya atau isinya harus bisa meyakinkan rekruter.

Caranya bagaimana? Ia mengatakan bahwa untuk membuat CV yang baik maka pelamar harus dapat menceritakan dirinya dari CV tersebut.

"Di dalam CV coba ceritakan dirimu dalam satu halaman saja. Tetapi jika kamu sudah berpengalaman maka maksimal dua halaman saja CV itu," terangnya.

Baca juga: KitaLulus: Perhatikan Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Surat Perjanjian Kerja

Pada Webinar #GenSiapKerja ini, Yanuar memberikan tips menulis CV/resume yang baik:

Menurut dia, resume adalah ringkasan singkat dan informatif tentang kemampuan, pendidikan, dan pengalaman Anda. Meskipun itu saja tidak akan memberi Anda pekerjaan atau magang, resume yang baik merupakan elemen penting untuk mendapatkan wawancara.

Tips menulis CV

Cara membuat resume yang hebat:

  • Itu harus menyoroti aset dan keterampilan terkuat Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Membedakan Anda dari kandidat lain yang mencari posisi serupa.
  • Sesuaikan resume Anda dengan jenis posisi yang Anda cari. Ini tidak berarti bahwa semua pengalaman Anda harus berhubungan secara langsung tetapi resume Anda harus mencerminkan jenis keterampilan yang akan dihargai oleh pemberi kerja.

Bahasa di dalam resume harus:

  • Spesifik daripada umum
  • Aktif bukan pasif
  • Ditulis untuk mengungkapkan bukan mengesankan
  • Berartikulasi daripada "berbunga"
  • Berdasarkan fakta (terukur dan memenuhi syarat)
  • Ditulis untuk orang yang membaca dengan cepat

Baca juga: Bingung Bikin Cover Letter? KitaLulus: Ini Lho Cara Membuatnya

Kesalahan dalam resume:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com