Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Golden Ticket SNMPTN Unair, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 11/02/2022, 06:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) kembali ramai beredar poster berisi informasi jalur khusus masuk Universitas Airlangga (Unair) bagi penghafal Al Quran.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unair, Achmad Solihin mengungkapkan informasi itu tidak benar.

Baca juga: 15 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS WUR dan Webometrics

Solihin mengaku ada extra ticket masuk Unair yang dikenal dengan golden ticket SNMPTN.

Extra ticket itu bisa didapatkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa di bidang akademik maupun non akademik.

Prestasi di bidang non akademik itu, kata Solihin, bermacam-macam.

Misalnya prestasi inovasi, kewirausahaan, organisasi dan manajerial, kepemimpinan, olahraga, keagamaan, dan prestasi lain yang sesuai dengan pilihan program studi (prodi).

"Untuk bidang keagamaan, salah satunya adalah tahfidz dan penghafal kitab suci semua agama yang diakui di Indonesia," ungkap dia melansir laman Unair, Kamis (10/2/2022).

Dia menegaskan, Unair ingin mencari bibit-bibit yang berprestasi melalui jalur golden ticket tersebut.

Proses pendaftaran golden ticket SNMPTN Unair

Calon mahasiswa yang akan mendaftar pada jalur golden ticket dapat melakukan pendaftaran mulai tanggal 14 Februari 2022 di laman https://eduexpo.unair.ac.id/.

Pendaftaran jalur golden ticket bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN, karena syarat pertama peserta golden ticket adalah memilih Unair sebagai perguruan tinggi pilihan pertama pada seleksi SNMPTN.

Baca juga: Super Indo Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK di 10 Wilayah

Syarat selanjutnya adalah peserta menyertakan berkas pendukung prestasi ketika melakukan pendaftaran dan mengikuti serangkaian kegiatan AEE yang dilaksanakan pada 18-20 Februari 2022.

Dia menambahkan, prestasi yang dicapai calon mahasiswa harus sesuai dengan prodi pilihannya.

Sebagai contoh, prestasi non akademik di bidang sastra, tidak sesuai jika memilih prodi kedokteran.

Untuk itu, Solihin berpesan kepada calon mahasiswa agar tidak mudah percaya dengan informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Informasi resmi seputar jalur masuk Unair bisa diakses langsung di laman https://ppmb.unair.ac.id/," ujar Dosen FEB Unair ini .

Solihin juga berpesan kepada calon mahasiswa agar bisa melihat kemampuan diri dan sejauh mana bisa bersaing dengan prodi yang dipilih.

"Pilihlah prodi yang betul-betul diminati. Jika sudah diterima di SNMPTN, sudah tidak ada kesempatan mendaftar SBMPTN," ujar Solihin.

Tak lupa, Solihin berharap agar calon mahasiswa terus belajar dan berdoa.

Baca juga: 25 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

"Jika belum beruntung pada jalur SNMPTN untuk masuk Unair, peserta masih bisa mendaftar pada jalur SBMPTN dan jalur mandiri," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com